Please select featured post to show the slideshow


0

Melestarikan Batik Mulai dari Diri Sendiri

October 05, 2010 / by / 13 Comments

Liburan lalu saat si @tikabanget mudik ke Madura, dia pamer di milis tentang Batik Madura. Saya yang penasaran akhirnya nitip beli kain batik tulis dari Madura untuk sarimbit, alias kain pasangan cewek-cowok. Tapi belum tau mau dibikin model gimana? Jadi inget beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 2 Oktober, diperingati sebagai Hari Batik di Indonesia. Sayangnya bukan hari kerja seperti tahun lalu, jadi gak banyak yang saya lihat pakai batik di hari batik kemarin. Saya sendiri juga sedang tidak ada acara, jadi gak pakai batik. Tapi sebenarnya emang gak penting juga sih mau pakai batik atau tidak. Yang penting bagaimana kita bisa melestarikan batik sebagai salah satu warisan budaya Indonesia. Buat saya pribadi, begini nih cara melestarikannya:

READ MORE

0

Monitoring di Surga Dunia Kalimantan Timur

August 17, 2010 / by / 28 Comments

Derawan Trip Part II Menyambung cerita dari Part I: Penyu Hijau dari Derawan, Dilindungi! Bagi yang suka berwisata alam, khususnya wisata bahari, mengunjungi Kepulauan Derawan seperti berada di surga dunia! Lebay? But it’s true! Sebelumnya, saya lebih suka berwisata alam di daerah pegunungan yang sejuk, bisa pakai baju panjang, syal, gak bikin kulit menghitam. Tapi begitu tiba di Derawan, udah lupa semua. Nyemplung sana-sini, sunblock pun sempat lupa pakai! Gak peduli kulit menghitam kepanasan. Semua panorama yang tadinya cuma bisa dilihat di tivi atau foto, akhirnya dilihat sendiri, as seen on tv! *lebay part 2* How to get there? Untuk mencapai Derawan dari Jakarta, bisa naik pesawat ke Balikpapan. Dari Balikpapan, kita bisa melanjutkan perjalanan dengan pesawat tujuan Berau, yang ibukotanya Tanjung Redeb. Dari Tanjung Redeb, kita meneruskan perjalanan dengan speedboat selama 2 jam untuk sampai ke P. Derawan. Kalau mau lewat jalur darat juga bisa dari Balikpapan ke Tanjung Batu, lalu nyebrang ke Derawan. Tapi perjalanannya bisa makan waktu belasan jam, bahkan 20an jam, dengan medan yang tidak menyenangkan. Setelah semalam menginap di Hotel Bumi Segah, Tanjung Redeb, hari kedua kami melanjutkan perjalanan ke Pulau Derawan. Sayang sekali sudah terlalu banyak penginapan yang berada di daerah pantai. Tapi masih […]

READ MORE

0

Cerita dari Nonton Turnamen

July 31, 2010 / by / 8 Comments

Belakangan ini pekerjaan saya menuntut saya harus datang ke event ini-itu, yang satu dengan lainnya sangat jauh berbeda. Ada event fashion, ada event kesenian (ntar saya tulis juga), hingga yang terakhir event olahraga billiard (GWSOP, Guinness World Series of Pool: 29 Juli – 1 Agustus 2010 ). Turnamen ini diselenggarakan di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat. Baru sekali ini saya datang ke event olahraga, levelnya Internasional pula. Ternyataa.. crowd & feel-nya beda ya! Rame, dan semangat supporternya bener2 kerasa! Kebetulan ada master billiar Indonesia yang ikut bertanding lawan jagoan-jagoan Internasional. Pas saya ngetweet soal pertandingannya Ricky Yang -Top Indonesian Pool Player, kebetulan salah satu follower (@alecsebastian) di twitter nge-reply soal dia. Dan ternyata dapat cerita baru: Ricky Yang berasal dari Medan. Dulu dia orang gak mampu, udah punya keluarga tapi kerjaannya cuma main bilyar aja. Hidup dalam kemiskinan dan kephitan. Sampai-sampai dia menjual rumahnya untuk membiayai istrinya melahirkan. Tapi dia tetap percaya kalau jalan hidupnya itu di bilyar. Dan sekarang, he is current world no. 5! Hari gini, ada gak ya yang masih punya mimpi dan keyakinan segitu tinggi itu, trus dia perjuangkan mati-matian, biarpun dipikir gila,  dan akhirnya nanti from zero to hero? Kayaknya para atlet kita yang punya […]

READ MORE

0
penyu-bertelur

Penyu Hijau dari Derawan, Dilindungi!

July 08, 2010 / by / 20 Comments

Derawan Trip Part I “Ke Derawan? Oleh-oleh telur penyu, ya!” Itulah kalimat yang selalu saya dengar saat bilang ke temen-temen bahwa saya akan ke Derawan. Padahal seingat saya, penyu dan telurnya itu dilindungi. Maka caritaulah saya ke sumber-sumber yang bisa dipercaya, salah satunya bertanya ke pakdhe @mbilung yang kebetulan orang yang mengundang saya ke sana. Dari penjelasan yang didapat, memang penyu adalah salah satu binatang yang dilindungi. Populasinya dari tahun ke tahun semakin menurun. Sayang sekali masih banyak masyarakat yang kurang mengerti. Perdagangan telur penyu di Kalimantan Timur masih cukup tinggi dan bahkan dilakukan secara terbuka. Saya coba bertanya ke beberapa teman yang berasal/pernah tinggal di Kalimantan (khususnya Kalimantan Timur), dan rata-rata mereka gak tau kalau telur penyu itu illegal, karena mudah sekali didapat di pasar-pasar tradisional. Penyu yang ada di Kepulauan Derawan ini ada 2 jenis, yaitu Penyu Hijau dan Penyu Sisik. Tapi Penyu Sisik sudah sangat sangat langka, jarang sekali dijumpai. Penyu Hijau sendiri populasinya semakin menurun, salah satunya karena telurnya terus diburu oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. TNC & WWF sendiri (yang ngundang secara resmi) punya pos khusus yang tujuannya untuk mengkonservasi telur-telur penyu tsb di Pulau Derawan. Gimana sih cara penyu berkembang biak atau bertelur? Sampai-sampai […]

READ MORE

0

Preman di Angkutan Umum

July 06, 2010 / by / 11 Comments

Sarana publik di Jakarta ini memang memprihatinkan, terlebih angkutan umumnya. Saya sendiri sebenarnya adalah orang yang jarang naik angkot/metromini/kopaja, karena biasa pakai kendaraan sendiri. Sebelum punya mobil? Jalan kaki ke kantor, karena rumah masih deket kantor. Paling kalo jauh-jauh ya naik busway (tetap meminimalisasi kopaja/metromini). Herannya, kalo lagi naik angkutan umum masal, adaaa aja hal-hal yang bikin saya sebel. Mulai dari lihat pelecehan seksual di dalam halte yang penuh sesak, nunggu kopaja yang ngetemnya lama, kondisi angkutan umum yang harusnya udah jadi rongsokan/barang bekas, hingga yang terakhir (dan sering terjadi) adalah peminta-minta yang ‘maksa’ di dalam angkutan. Beberapa hari lalu, ketika sedang berencana ke sebuah mall di Pejaten, karena sejalan dari rumah jadi saya naik kopaja aja. Karena kondisi jalan yang macet, maka beberapa pengamen datang silih berganti. Dan tibalah saatnya pengamen preman muncul. 3 orang anak muda, kurus, dekil, dengan tato di mana-mana, bawa pisau, silet, dan potongan bambu kecil yang udah diruncingin! Bawa pisau dan silet! Di dalam mereka minta-minta duit, minimal 1000. Mereka minta dibayar untuk sebuah pertunjukan gila: menyilet2 lengan mereka, dan gak luka sedikitpun. *shocked* Kalau ada yang gak mau ngasi, mereka bakalan nyobain itu silet ke lengan orang yang gak mau ngasi. Sinting! Jelas […]

READ MORE

0

Going to Derawan, as A Blogger!

June 11, 2010 / by / 12 Comments

Ke Lombok? Udah pernah. Undangan atau menang kuis ke Singapore atau Bali? Banyak yang udah dapet, dan ke sana sendiri juga gampang. Tapi ke Kepulauan Derawan di Berau? Kemarin dapat kabar bahwa tiket Garuda PP Jakarta-BalikPapan sudah dipesan, begitu juga tiket Kalstar BPN-Berau. Undangan resmi juga udah nyampe. Jadi, InsyaAllah tgl 23-27Juni ini saya akan berada di Berau, Kalimantan Timur. Yeay! *** Saya dapat undangan media trip ke Berau. Pelaksanaan Media Trip ini berbarengan dengan kegiatan Resource Use Monitoring (RUM). Yang akan menyusuri laut Berau mulai dari wilayah selatan ke wilayah utara. Nanti akan mengunjungi Pulau Derawan, Maratua, Kakaban, juga Sangalaki. Melihat dari jadwal acara dan peta tujuan, perjalanan ke sana sendiri makan waktu cukup panjang. Dari Jakarta harus ke Balikpapan, sambung pakai pesawat atau travel ke Berau, baru ke Derawan. Tentu saja cost-nya juga besar. Gak heran kalau Indonesia punya banyak tempat yang bagaikan Surga Dunia, tapi pada milih ke Singapore atau Thailand yang semua-muanya lebih gampang. Saya sendiri, jujur aja, kalau harus pergi sendiri mungkin juga akan memilih pergi ke tempat yang ‘gampang’ dan murah aja sih.. Sambil berharap tetap ada yang mengundang traveling ke tempat-tempat indah yang bukan tujuan wisata orang banyak di Indonesia. *** Btw, Media […]

READ MORE

0

Cara Membuka/Membeli Reksadana

May 26, 2010 / by / 65 Comments

Belakangan ini saya jadi tertarik dengan hal-hal berbau financial dan investment. Awalnya gara-gara suami saya, si @tukangkopi memang selalu tertarik dengan keuangan. Sampai kuliah S2 pun ngambil MM Finance (pdhl S1-nya Geologi). Selanjutnya kenal dan berteman baik dengan Aidil Akbar si Wealth Manager & Financial Planner itu gara-gara saya pernah nulis tentang bukunya di blog ini. So, bocoran nih, kalo pengen kenal personal sama dia, nulis2 aja tentang bukunya atau ttg ilmu-ilmu yang dibaginya, siapa tau nanti diajak lunch bareng dan bisa konsultasi keuangan gratis! *trust me!* OK, sekarang nyambung sama judul tulisan ini, tentang REKSADANA. Apa itu reksadana? Cari tau sendiri aja ya, simbok Venus jg udah coba jelasin. Dan di blog Mas Akbar juga ada. Trus, baca-baca yang pada nanya gimana cara mulainya gemes jugaa yaa.. Soalnya si Aidil Akbar gak bisa nyebut produk (krn dia finplanner independent). Jadi, sebagai orang yg udah punya account RD dan masih belajar juga, saya sharing di sini dan nyebut produk deh. Cara buka/beli reksadana: Datang ke bank agen penjual produk reksadana. Dalam hal ini, saya datang ke Bank Commonwealth (CommBank). Bank lain juga bisa, seperti: Mandiri, BRI, Citibank, dll. Kenapa pilih CommBank? Karena dia menjual produk Reksadana yg cukup lengkap, banyak […]

READ MORE

0

x206, Keceriaan di Mana Saja

May 17, 2010 / by / 6 Comments

Membaca postingan si waterbomm ini, saya iri! Iri karena tidak bisa mengikuti kegiatan mereka saat di Jakarta. Padahal di Indonesia mereka hanya singgah 2 hari. Eh saya ngomongin apa sih? Saya lagi ngomongin tentang Tony, Kely, dan Tono. Mereka bertiga adalah happiness ambassador dari Coca-Cola dalam program ‘Expedition 206′. Dalam Expedition 206 ini, trio blogger tersebut akan mengunjungi 206 negara dalam waktu 365 hari. Wew.. Berarti 1 negara paling lama hanya bakalan dikunjungi selama 2 hari! Saat saya menulis postingan ini, mereka telah berkunjung ke negara ke-86. Jalan-jalan keliling dunia emang enak, tapi ke buanyak negara dalam waktu yang ‘singkat’? Mereka pasti orang-orang yang hebat secara mental dan fisik! Di tiap kunjungan selalu dihadapkan pada event yang cukup bikin capek, tapi dimana-mana (liat dari foto2 dan video) mereka selalu terlihat ceria dan sangat bersemangat! Gak salah kenapa disebut happiness ambassador. Dan yang bikin menyesal lagi setelah gak sempat ikut event-nya, saya sebagai orang yang kerjaannya bantuin ngurusin social media, setelah browsing sana sini, dan membaca ‘Market Insight’ dari seorang teman di twitter, seperti ini: Jadi pengen tahu eksekusi offline-nya. Melihat dari fenomena maraknya brand masuk ke twitter dan berkampanye gitu-lagi-gitu-lagi tanpa pesan/objective yang jelas, pesan ‘keceriaan di mana saja’ yang […]

READ MORE