Babymoon @ 4.5months Pregnancy

January 01, 2013 / by / 5 Comments

Babymoon apaan sih? Kalau mengutip dari Wikipedia: ...a vacation taken by a couple that is expecting a baby in order to allow the couple to enjoy a final trip together before the many sleepless nights that usually accompany a newborn baby.ย Jadi sebenarnya ya hanya liburan sama pasangan plus bawa baby yang masih di perut. ๐Ÿ™‚

Kebetulan karena akhir tahun ini jatah cuti kantor kami berdua masih banyak, dan kehamilan juga lagi enak-enaknya, jadi mendadak saja ngajuin cuti buat jalan-jalan. Sebenarnya ini bisa dibilang babymoon ke-2. Yang pertama waktu masih hamil 10mingguan, mendadak ke Bandung sepulang kerja! 2 malam di Bandung gak pake persiapan, hasilnya jadi belanja baju dan segala perlengkapan buat 2 malam di sana. ๐Ÿ˜†ย Saat liburan di 4.5bulan kemarin itu pun, walau udah diusahakan merencanakan jauh2 hari, tapi baru memutuskan mengajukan jadwal cuti dan beli tiket 3 hari sebelumnya, setelah yakin gak ada meeting dan semua pekerjaan selesai. Sok berdedikasi sekali ya, HAHAHA.. :mrgreen:

Kami memutuskan jalan-jalan ke Semarang, Solo, dan Jogja saja. Pengennya ke Ubud-Bali, tapi mengingat budget pas-pasan, jadi harus dipikirkan lagi. Kalau ke Bali, kami harus full menginap di hotel, harus sewa mobil, dsb. Kalau masih di Jawa Tengah saja sih, bisa sambil di rumah ortu dan minjem mobilnya sekalian. ๐Ÿ˜†

Apa yang harus diperhatikan saat babymoon?

notifBabymoon ke tempat yang jauh sebaiknya dilakukan saat kehamilan di trimester kedua, karena kandungannya sudah cukup kuat, biasa udah gak mual2, dan perut juga belum terlalu besar. Jadi enak buat beraktivitas. ๐Ÿ™‚
Obat-obatan ataupun suplemen yang harus diminum, selalu harus dibawa dalam jumlah cukup. Bawa pakaian yang cukup dan nyaman, terlebih sepatu/alas kakinya. Karena bakalan sedikit lebih capek dibanding lagi gak hamil. Trus bawa minuman dan cemilan-cemilan buat ganjel perut kalau laper tapi belum nemu tempat makan di perjalanan. :mrgreen:

Kalau transportasinya naik pesawat, ada baiknya minta surat keterangan dari dokter, apalagi kalau hamilnya sudah kelihatan besar. Kehamilan saya sih waktu itu masih belum terlalu kelihatan. Saat berangkat (naik Garuda), tidak ada petugas yang menanyakan, cuek-cuek aja. Tapi pas pulang (naik Lion yg terkenal ketat soal ini), saat boarding langsung dicegat petugasnya ditanya surat dokter (dan gak bawa sih). Akhirnya disuruh menandatangani surat pernyataan, baru boleh naik ke pesawat.

Siapin daftar kontak dokter atau RS terdekat kalau ada apa-apa. –> ini teori yang benar ya, tapi saya tidak melakukannya. ๐Ÿ˜›

Ke mana aja?

Di Semarang gak banyak ke mana-mana, karena cuma pengen main sama ponakan lucu, dan ngidam tahu gimbal saja! Akhirnya kesampaian. ๐Ÿ˜€ Kalau beberapa tahun lalu, tahu gimbal dan kulineran enak lainnya masih ada di sepanjang Jalan Pahlawan – Simpang Lima, sekarang semua sudah dipindah di area Taman KB, tidak jauh juga dari lokasi sebelumnya.

tol-smg-solo

Dari Semarang, kami ke Solo, via jalan toll (yang rencananya) Semarang-Solo yang baru jadi sampai Ungaran saja. Tollnya mirip kalo mau ke Bandung dari Jakarta. Viewnya bagus, di sepanjang jalan kanan-kiri masih terlihat hijau.

Lalu menginap di Rumah Turi Boutique Hotel di Solo, yang sungguh adem dan cocok banget buat santai-santai. Suka banget dan kalau ke Solo pastinya bakalan nginep lagi di situ. ๐Ÿ™‚ Sebelum checkin sempat mampir ke Museum Batik Danar Hadi, ikutan tournya selama 1.5jam. Nanti ditulis sendiri aja deh ๐Ÿ˜‰

Warung Harjo Bestik

Makan malam di warung Harjo Bestik. Katanya ini adalah salah satu warung bestik Jawa paling enak di Solo. Saat nyobain, enak sih, tapi manis banget. ๐Ÿ˜€ Di situ ada makanan yang uenak banget dan gak ada di daftar menu, namanya: Elek-elekan. (Btw, Elek=Jelek). Entah kenapa dinamai elek-elekan, padahal rasanya mantap, gurih dan renyah. Dan cocok banget habis makan bestik yang manis trus nyemilin Elek-elekan ini.

Pasar Triwindu

Pasar Triwindu. Disebut juga Pasar Windu Jenar. Ini merupakan pasar barang antik, meskipun gak semua yang dijual adalah antik dan kuno. Banyak juga barang-barang buatan baru tapi yang desainnya jadoel. Kalau buat ngisi rumah asik banget deh beli printilan asesoris di sini. Harganya untuk barang-barang baru gak terlalu mahal, masih masuk akal lah. Tapi untuk yang benar-benar antik memang harganya bisa berjuta-juta. ๐Ÿ˜ฎ

Tengkleng Pasar Klewer

Dan akhirnya, mencoba Tengkleng Kambing Bu Edi di Pasar Klewer yang sungguh kondang itu! Letaknya tepat di kanan-depan gerbang Pasar Klewer. Kalau belum keliatan, berarti belum buka, karena baru buka jam 1 siang. Enak, dagingnya empuk banget, dan seporsinya 15ribu saja. Tapi kalau ingin makan sambil duduk harus ngantri karena bangkunya selalu penuh, selalu rame!

Ramayana Prambanan

Dari Solo ke Jogja, nginep di rumah teman, dan istirahat siang di rumah saudara. ๐Ÿ˜› Tujuan utamanya: nonton Ramayana Ballet Prambanan, alias Sendratari Ramayana. Walau udah sering ke Jogja, tapi belum sempat mampir ke Prambanan buat nonton itu. Setiap bulan November-April, pertunjukan dilaksanakan indoor karena musim hujan. Jadi pertunjukannya tidak terlalu besar sih, tapi kalau mau foto-foto justru enak karena jarak penonton dan panggungnya dekat sekali. Cerita tentang ini, di tulisan selanjutnya saja. ๐Ÿ™‚

Hari terakhir, mampir ke Bantul. Ke Tembi Rumah Budaya sebentar buat lihat-lihat aja. Dan sebelumnya ke Pasar Seni Gabusan, yang sebenarnya saya sendiri sudah pernah ke situ, tapi si Mas belum.ย Di situ banyak barang-barang seni yang terbuat dari berbagai jenis. Ada blok yang khusus menjual barang dari logam, batu, kayu, gerabah, dan sebagainya. Sayang tempat ini sepiii sekali dan kurang terawat. Bahkan beberapa kios barang-barangnya sudah berdebu, seperti sudah lama tidak ditengok bahkan oleh pemiliknya. Padahal harga barangnya masih cukup masuk akal. Kami akhirnya membeli sepasang patung Loro-Blonyo, handmade yang berupa batik kayu, seharga 300ribu. Kalau di toko biasanya di atas itu kalau batik beneran. ๐Ÿ˜€

===

Ternyata liburan ke luar kota saat hamil masih menyenangkan asal sesuai kemampuan. Baik itu kemampuan fisik, maupun kemampuan kantong. ๐Ÿ˜† Kalau kantongnya terbatas, sebaiknya memang tidak perlu memaksakan liburan yang ‘wah’, karena habis itu kebutuhan baby masih banyak sekali lho.. ๐Ÿ˜ฏ Yang penting cari cara buat liburan yang tidak perlu budget besar tapi tetap nyaman dan aman. ๐Ÿ˜‰


5 Responses
  1. Budiono

    alhamdulillah.. selamat ya fan atas kehamilannya, semoga lancar lahirannya nanti..

    Jan.02.2013 at 10:15 am
    • Fany (Author)

      Makasiiih ๐Ÿ™‚

      Jan.04.2013 at 9:49 am
  2. fairyteeth

    Pengen ke pasar triwindu…

    anyway.. Fany kapan lahiraaaann ๐Ÿ˜€

    Jan.03.2013 at 7:53 pm
    • Fany (Author)

      InsyaAllah lahiran awal-tengah April, Dita ๐Ÿ˜€

      Jan.04.2013 at 9:49 am
Trackbacks for this post
  1. Ramayana Ballet Prambanan | FANY's Freewriting
Leave a Comment