Losari Coffee Plantation

August 17, 2011 / by / 8 Comments
REVIEW OVERVIEW
0
0

Sudah puluhan kali melakukan perjalanan Semarang-Jogja PP, dan sudah puluhan kali juga saya melewati plang bertuliskan Losari Coffee Plantation itu. Tapi baru sempat mampir ke sana MEI lalu. :mrgreen: Tak disangka lokasi Losari ini tidak terlalu jauh dari jalan raya, hanya sekitar 500meter!

Begitu masuk ke area Losari, kita akan disambut sebuah bangunan kuno yang sebelumnya merupakan peron kereta api Stasiun Mayong, yang memang diboyong untuk dijadikan lobi. Keren ya! Di Losari ini sebenarnya ada juga hotel resortnya, tapi karena harganya tak terjangkau, jadi kami ke sana hanya untuk tour kebun kopi. 😀 Dengan biaya sekitar 150ribu/orang, kami dipandu berkeliling di area plantation sekitar 1-1,5jam.

Kopi yang ditanam di Losari ada 4 macam, yaitu: Arabica, Robusta, Andong Sari (Java), dan Excelsa. Untuk membedakan pohonnya, salah satunya bisa dilihat dari bentuk/besar daunnya. Saya lupa sih, yang kopi apa yang besar daunnya dan sebaliknya. :mrgreen: Di tengah perjalanan, kami beristirahat sebentar dan disuguhi kopi tubruk (sepertinya dr robusta), dengan cemilan berupa: biji kopi yang sudah di-roast plus gula jawa (gula aren). Dan juga disuguhi jamu gendong yang jenisnya bisa kita pilih sendiri. Susah ketemu beginian di tempat lain. 😀

Selama berkeliling di perkebunan, tour guide juga bercerita tentang sejarah Losari. Awalnya luas Losari ini hanya 11 hektar, tapi sekarang berkembang jadi 22 hektar. Konseptornya adalah Gabriella Teggia (dari Itali) -yang ternyata juga konseptornya Amanjiwo hotel luxury di Borobudur- ‘menemukan’ Losari sekitar tahun 91/92, lalu menyulapnya menjadi resort yang cantik! Sejak 2008, Losari ini dimiliki oleh PT Restyle Concept, anak usaha Recapital.

Selesai melakukan tour, kita akan diberi oleh-oleh berupa kopi (tentunya). Selain itu bisa juga beli souvenir tambahan, ada kopi kemasan (bisa pilih yang masih bean atau yang sudah berupa bubuk), juga barang-barang khas Losari & Jawa Tengah.

Berasa damai banget di Losari ini. Hawanya sejuk, bersih, hijau! Sayang harga vilanya belum terjangkau 😀 Tapi meski tidak bisa bermalam di situ, pengunjung seperti kita (kita? saya kali ya) masih bisa menikmati suasananya dengan plantation tour, makan siang di restonya saja, atau ambil paket spa-nya saja. Yang tentu lebih terjangkau. 🙂


LOSARI Spa Retreat & Coffee Plantation
Desa Losari, Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah


8 Responses
  1. Antyo

    Sayang, Losari ini tempat tetirah premium. 🙂
    Hanya cocok untuk yang tak peduli bujet 😀

    Aug.18.2011 at 12:39 pm
  2. Ceritaeka

    Hihi aku juga cuma numpang ngopi disini Fan 😀
    Mbok ya ada yg ngadoin voucher nginep sini pas kita anniversarry gitu ya fan hehe

    Aug.20.2011 at 4:04 pm
  3. jensen99

    Duh, saya ke Semarang aja malah blum pernah.. 😐

    btw kopi kemasan dari perkebunan itu merknya apa?

    Aug.21.2011 at 2:23 pm
    • Fany (Author)

      @jensen: mereknya Kopi Losari. Entah dijualnya di mana selain di situ. Kopinya sih menurutku biasa aja sih.

      Aug.21.2011 at 4:21 pm
  4. didut

    menginapnya berapaan yak fan?

    Sep.08.2011 at 12:16 am
    • Dewi Ambarwati

      Ada 4 kategori:
      Kategori A antara Rp 1,6 Juta – Rp 2 Juta
      Kategori B antara Rp 2,1 Juta – Rp 2,5 Juta
      Kategori C antara Rp 2,5 Juta – Rp 2,9 Juta
      Kategori D antara Rp 10 Juta – Rp 10,7 Juta

      Apr.13.2012 at 9:26 am
  5. Berita Ringan

    wah jadi pengen mampir nih mbak. saya kalo pulang juga pernah lewat semarang

    May.04.2012 at 9:56 pm
  6. Alderina

    Aku pengen ke sini.. Tapi emang mahal buanget

    Jun.21.2012 at 1:30 pm
Leave a Comment