penyu-bertelur

Penyu Hijau dari Derawan, Dilindungi!

July 08, 2010 / by / 20 Comments

Derawan Trip Part I

“Ke Derawan? Oleh-oleh telur penyu, ya!”

Itulah kalimat yang selalu saya dengar saat bilang ke temen-temen bahwa saya akan ke Derawan. Padahal seingat saya, penyu dan telurnya itu dilindungi.
Maka caritaulah saya ke sumber-sumber yang bisa dipercaya, salah satunya bertanya ke pakdhe @mbilung yang kebetulan orang yang mengundang saya ke sana. Dari penjelasan yang didapat, memang penyu adalah salah satu binatang yang dilindungi. Populasinya dari tahun ke tahun semakin menurun. Sayang sekali masih banyak masyarakat yang kurang mengerti.

Perdagangan telur penyu di Kalimantan Timur masih cukup tinggi dan bahkan dilakukan secara terbuka. Saya coba bertanya ke beberapa teman yang berasal/pernah tinggal di Kalimantan (khususnya Kalimantan Timur), dan rata-rata mereka gak tau kalau telur penyu itu illegal, karena mudah sekali didapat di pasar-pasar tradisional. :roll:

Penyu yang ada di Kepulauan Derawan ini ada 2 jenis, yaitu Penyu Hijau dan Penyu Sisik. Tapi Penyu Sisik sudah sangat sangat langka, jarang sekali dijumpai. Penyu Hijau sendiri populasinya semakin menurun, salah satunya karena telurnya terus diburu oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. TNC & WWF sendiri (yang ngundang secara resmi) punya pos khusus yang tujuannya untuk mengkonservasi telur-telur penyu tsb di Pulau Derawan.

Gimana sih cara penyu berkembang biak atau bertelur? Sampai-sampai hewan itu jadi terancam punah? Padahal sekali bertelur bisa 100an lebih. Secara singkat aja ya:

Penyu baru akan kawin dan bertelur rata-rata setelah berusia 30 tahun. Pertumbuhannya sangat lambat. Tidak semuanya bisa bertahan hidup dalam rentang waktu segitu lamanya, karena bisa jadi mereka udah mati duluan karena habitatnya terganggu, dibunuh manusia, dsb. Tukik atau anak penyu yang baru lahir pun saat ini menghadapi banyak ancaman, dari burung, dari binatang laut yg lebih besar, gangguan manusia, dsb.

Dari ratusan telur yang menetas, kemungkinannya si penyu tsb bisa bertahan hidup hingga dewasa mungkin hanya 1% diantaranya. Nah, apalagi kalau ratusan telur tersebut diambil dan diperdagangkan untuk dimakan manusia! Ngapain sih…masih banyak kok makanan enak lain yang legal. :)

Kepulauan Derawan memang merupakan daerah peneluran penyu hijau terbesar di Indonesia. Pulau Derawan adalah pulau yang sering didatangi penyu-penyu untuk bertelur, selain beberapa pulau lain seperti Sangalaki, Maratua, dan Blambangan. Kata @mbilung, penyu akan bertelur di tempat di mana dia dilahirkan. Jika tempatnya sudah tidak available, baru dia mencari di daerah sekitarnya.

Kalau melihat Pulau Derawan saat ini, rasanya agak sedih, karena pulau tersebut sudah mulai padat dengan berbagai penginapan dan restoran di sepanjang pantainya. Padahal pantai tersebut merupakan tempat bertelurnya penyu hijau. Bertambahlah hal yang membuat penyu-penyu tersebut jadi susah bertelur. :(

Btw..
Pulau ini adalah pulau terpadat diantara pulau lain karena sumber air tawar bersih sangat mudah didapat dibanding yg lain, seperti surga kata orang di sana. Tapi memang bener, Kepulauan Derawan adalah surga dunia! Nanti ceritanya saya sambung di tulisan lain ya.. :)


20 Responses
  1. Dini

    Huaaa aku salah satu yg ngga tau penjualan telur penyu illegal…taunya makan doank hahaa padahal dari kaltim..hihi nice posting…harus di share ketemen2 di kalimantan hahaha

    Jul.08.2010 at 2:21 pm
  2. fahmi!

    telur penyu juga banyak diperjualkan di lombok. aku belum pernah ke lombok sih, mamaku yg pernah kesana. katanya telur2 itu dijual secara terbuka di pasar2, seperti barang dagangan biasa lainnya. kenapa bisa demikian? katanya sudah ada penangkaran yg memang untuk dipanen telurnya. bener demikian atau tipu2nya si pedagang ya nggak tau.

    Jul.08.2010 at 10:32 pm
  3. titiw

    Duh kesian.. miris deh ngebayangin penyu2 itu balik lagi ke tempat dia dilahirin, eh tempat itu udah jadi penginapaaaan.. huhuhu..
    PS: Kalo jalan2 gini aku minta diajaaak!!

    Jul.09.2010 at 6:22 am
  4. mauren

    hewww, kesian penyu2nya..
    manusia skarang banyak yang serakah ya mb,
    yang dicari bisnis, bisnis, uang, dan uang,
    jarang ada yang berpikir tentang dampak negatif dari bisnis dan bisnis yang merusak lingkungan itu :((

    Jul.10.2010 at 8:31 am
  5. meong

    lah aku yang jauh di jogja aja tau je, penyu itu dilindungi. bahkan bali sempet diancam diboikot industri pariwisatanya kl tidak mengurangi konsumsi penyu disana.

    kalo jepang, ga tau deh. mereka jg mengkonsumsi penyu baik utk keperluan adat, bahkan lumba-lumba utk dikonsumsi. sadis mereka. ga tahu kok sepertinya bs kebal.

    nonton tayangan penyu bertelur di tv swasta, aku nangis. membayangkan kekuatan sekaligus kerapuhan ibu penyu dan tukik2 itu.

    Jul.10.2010 at 9:03 am
    • Fany (Author)

      etapi beneran lho banyak yg gak tau soal telur penyu (atau gak mau tau?) kalo itu ilegal. Waktu itu banyak yg mention di twit minta oleh2 telur penyu, termasuk @epat yg akhirnya dimarahin sm @imanbr & @mbilung. :D

      Jul.11.2010 at 6:06 am
  6. meong

    btw jadi keinget. dampak negatif pariwisata, bisa mengancam ekologi. semoga hal tsb ga terjadi di raja ampat yg sdg digadang-gadang. huaaaa….

    Jul.10.2010 at 9:07 am
  7. bangsari

    woh. lay out barune keren. begitu juga jalan jalane. hihihi ra nyambung.

    Jul.12.2010 at 5:35 am
  8. ocha

    kangen main kesana lagi… ahhh, semoga akhir tahun ini sempat.. btw, mungkin karena regulasi disana kendor kali ya, kalo untuk urusan IMB dan ijin usaha.. jadi banyak yang bikin resort dan hotel-motel.. :roll: padahal, tempatnya akan lebih bagus kalau sedikit alami..

    Jul.13.2010 at 2:18 am
  9. nikenmakki

    hehhe aku baru tau, makasih yaa info nya..:D

    Jul.15.2010 at 3:53 am
  10. KANG uchi

    kak fany. Saya tertarik sama artikel kakak yg nembus 166 komentar ntu. Saya mau minta izin copas pembicaraannya ya. Pembicaraanya z kok. Gak smua. Mo saya buat bahan contoh z. Thx b4. Salam erat SAHABAT BLOGGER

    Jul.16.2010 at 2:11 pm
  11. Paksi Dirgantara

    kalo sy sih lum pernah makan tlur penyu.

    Jul.17.2010 at 7:15 am
  12. ichanx

    ingin ke derawaaaaan :((

    Jul.18.2010 at 12:39 am
  13. cornila

    Penyu hijau juga bisa ditemui di Pantai Pangumbahan, Sukabumi. Di sana juga banyak yang menjual telur penyu, tapi tidak secara bebas. Si penjual menawarkan telur penyu ke wisatawan secara “sembunyi-sembunyi”, langsung ke bungalow tempat mereka menginap.

    Kenapa mereka tidak menjual bebas, karena Pantai Pangumbahan tempat konservasi penyu hijau. Dan caranya agar penyu hijau tidak punah, adalah dengan menolak telur yang ditawarkan penjual.

    Kalau nggak, kasihan penyunya.

    Jul.18.2010 at 2:44 am
  14. hedi

    jadi pengen ke sana :)

    Jul.18.2010 at 9:05 am
  15. Sriyono Suke

    Wah asik jalan jalan terus… ngiridotcom :)

    Jul.25.2010 at 1:16 pm
  16. Sharron Clemons

    kangen main kesana lagi… ahhh, semoga akhir tahun ini sempat.. btw, mungkin karena regulasi disana kendor kali ya, kalo untuk urusan IMB dan ijin usaha.. jadi banyak yang bikin resort dan hotel-motel.. :roll: padahal, tempatnya akan lebih bagus kalau sedikit alami..

    Dec.21.2010 at 8:21 pm
  17. Carolina

    Hi Hi Hi, nanya ya. Rencana mau ke derawan bulan juni ini, tulunkkkk dongbagi info bagaimana cara ternyaman, terasyik utk backpackers. Juga details nya ya….#begging….mohon ya….tq

    Apr.13.2012 at 9:51 am
  18. Jefry

    Semua lapisan masyarakat dan pemerintah setempat harus bisa bersatu padu untuk melindunginya dan menjaga dari penjualan ilegal
    nice share mbak :)

    Oct.04.2012 at 12:06 pm
Trackbacks for this post
  1. Monitoring di Surga Dunia Kalimantan Timur | FANY's Freewriting
Leave a Comment