Cara Membuka/Membeli Reksadana

May 26, 2010 / by / 65 Comments

Belakangan ini saya jadi tertarik dengan hal-hal berbau financial dan investment. Awalnya gara-gara suami saya, si @tukangkopi memang selalu tertarik dengan keuangan. Sampai kuliah S2 pun ngambil MM Finance (pdhl S1-nya Geologi). Selanjutnya kenal dan berteman baik dengan Aidil Akbar si Wealth Manager & Financial Planner itu gara-gara saya pernah nulis tentang bukunya di blog ini. So, bocoran nih, kalo pengen kenal personal sama dia, nulis2 aja tentang bukunya atau ttg ilmu-ilmu yang dibaginya, siapa tau nanti diajak lunch bareng dan bisa konsultasi keuangan gratis! *trust me!* :mrgreen:

OK, sekarang nyambung sama judul tulisan ini, tentang REKSADANA. Apa itu reksadana? Cari tau sendiri aja ya, simbok Venus jg udah coba jelasin. Dan di blog Mas Akbar juga ada.

Trus, baca-baca yang pada nanya gimana cara mulainya gemes jugaa yaa.. Soalnya si Aidil Akbar gak bisa nyebut produk (krn dia finplanner independent). Jadi, sebagai orang yg udah punya account RD dan masih belajar juga, saya sharing di sini dan nyebut produk deh. :mrgreen:

Cara buka/beli reksadana:

Datang ke bank agen penjual produk reksadana. Dalam hal ini, saya datang ke Bank Commonwealth (CommBank). Bank lain juga bisa, seperti: Mandiri, BRI, Citibank, dll. Kenapa pilih CommBank? Karena dia menjual produk Reksadana yg cukup lengkap, banyak yang menyebutnya ‘supermarket Reksadana’. Prosesnya sangat mudah (beli RD pakai internet banking-nya), pelayanannya bagus (dan gak perlu ngantri lama), bisa pakai KTP mana aja. :D

Kalau di CommBank: “Mbak, saya mau buka rekening (rupiah), trus sekalian minta aktifin internet banking (pakai token), dan saya nanti mau pakai buat buka reksadana juga.”

Dan si mbak CS akan menyodorkan belasan form yang harus ditandatangani.
Kita juga diminta mengisi quesioner untuk mengetahui profil resiko investasi, apakah konvensional, moderate, atau agresif.

Setelah selesai prosesnya, internet banking aktif, baru deh bisa beli RD. Kalo beli via i-banking kita bisa hemat biaya pembukaan RD 50%. Lumayan kan. :) Si mbak CS akan membantu menjelaskan caranya kalo belum ngerti. Tapi jangan kebangetan ya, kasian mbaknya, so baca2 dulu deh. :D

Setelah Login di i-banking, kita bisa pilih menu Comm Invest >> New Order. Pilih Reksadana yang kita inginkan: pilih Manager Investasi (MI)nya, lalu pilih produknya. Tiap MI punya beberapa (banyak) produk. Menurut beberapa sumber, beberapa MI yg cukup bagus di Indonesia: Schroder, Manulife, Fortis, Danareksa, Panin, Mandiri (ada yang syariah juga). :)

Bagaimana milih produknya? Tentukan tujuannya (jangka waktunya), baca prospektusnya (klik aja di masing2 nama produk itu). Jangan lupa ya, baca prospektus masing-masing produk sebelum beli! Kebiasaan orang sini, pada males baca yg panjang2 kan. ;) Prospektus, apa itu? Googling dulu, gak muat kalo ditulis smua. :p

Selesai! :mrgreen:

Kalo duitnya baru dikit? GAK MASALAH. Buat coba-coba, saya buka Reksadana di bawah 1 juta bisa kok. Gambar di samping itu buktinya. :mrgreen:

Seputar pemilihan produk belum jelas? Ya iya lah, bisa scrolling berlayar-layar kalo dijelasin semua. Nanti bakalan ngerti kalo udah nyobain sendiri. Kata dosen saya dulu: Telen aja dulu!
Ntar bakalan saya tulis lagi deh, bersambung. ;)

Jadi, siapa bilang jadi investor itu harus kaya?! Kita middle-class juga bisa kan.


About the Author