Manajemen by Amplop

September 15, 2009 / by / 21 Comments

Manajemen by Amplop – Mau Kaya…Kok Bingung?

Cover MBA

Gitu judul yang tertera di cover buku itu. Buku ini tentang perencanaan keuangan, dengan bantuan amplop, kayak judulnya. Suami saya yang membelinya minggu2 lalu, meskipun geologist tapi dia selalu tertarik dengan hal-hal yang berbau keuangan-investasi, dsb. :mrgreen:
Buku MBA ini ditulis oleh Aidil Akbar Madjid -yang sebelumnya sudah pernah saya liat waktu jadi bintang tamu di Kick Andy.

Sebelumnya sih terus terang saya hampir tidak pernah membaca buku tentang perencanaan keuangan, karena saya pikir belum perlu. Duit pas-pasan, pengeluaran juga tidak terlalu besar. Tapi setelah menikah, pengetahuan tentang perencanaan keuangan itu penting ternyata! Apalagi buat istri sebagai menteri keuangan keluarga. :mrgreen: Harus bisa mengelola uang dari suami. Memang sih sama-sama kerja dan dapet duit sendiri, tapi kan ‘uang suami adalah uangku, uangku adalah uangku’… gyahahaha.. 😆

Yang menarik dari buku ini, ada bonus amplop perencanaan keuangan khusus. Namanya juga buku pengelolaan keuangan dengan amplop yak. 😀 Ada 3 amplop: bulanan, tahunan, investasi. Di dalamnya sendiri masih dibagi-bagi lagi, bulanan dibagi jadi: uang transport, uang makan, dll; tahunan bisa dibagi jadi: uang buat bayar pajak bangunan, perpanjangan STNK, dll. Untuk lebih jelasnya, ini gambarnya.

Bonus Amplop

Nah dengan amplop-amplop inilah kita dibantu untuk mengelola keuangan. Simple ya! Tapi pada prakteknya kadang gak sesimpel itu. Kadang di tengah jalan harus ‘ngrampok’ uang dari amplop tahunan buat keperluan bulanan, kadang harus ambil uang makan buat bayar keperluan tak terduga, dsb. Jadi perlu ada dana lain-lain, buat berbagai keperluan tak terduga. Trus perlu ada dana darurat juga, buat keperluan penting yang mendesak, misalnya kalau sakit, dsb.

Sebenernya belum selesai baca bukunya, dan belum praktek karena belinya tanggung di tengah bulan. Jadi baru bulan depan kayaknya mo mulai praktek pakai amplop-amplop itu deh.. :mrgreen:


21 Responses
  1. cK

    pinjem! 😈

    Sep.15.2009 at 5:11 pm
  2. didut

    *ke toko buku*

    Sep.15.2009 at 5:31 pm
  3. -GoenRock-

    Wah! Penting buku ini! *nitip Didut*

    Sep.15.2009 at 8:00 pm
  4. zam

    buku-bukunya Safir Senduk juga bagus, fan.

    perencanaan keuangan yg aku baca-baca, kebanyakan emang begitu. kenapa menggunakan amplop, karena kalo dimasukkan amplop jelas banget dan nyata. kalo uangnya berbentuk “rekening”, jadi makin susah.

    aku sih lagi mo buka rekening lagi. yg ini memang untuk “nabung” karena kalo dijadiin satu rekening, bisa-bisa cepet tekor.. 😀

    Sep.15.2009 at 9:57 pm
  5. zaky

    saya sudah mengkhatamkannya, punya safir senduk juga sudah 🙂 tapi masalahnya masih besar pasak dari pada tiang =))
    *lagi mencari menteri keuangan keluarga*

    Sep.16.2009 at 2:19 am
  6. tiyoe

    Mbak saya ga usah dikasi amplopnya.
    dikasih isinya aja ya….
    *dalam hati mikir duitduitduitduitduit*

    Sep.16.2009 at 2:38 am
  7. Mbilung

    hohoho, berarti dalam waktu dekat akan ada amplop untuk ongkos kelakuan Yudis …

    Sep.16.2009 at 5:30 am
  8. Fenty

    Itu foto penulisnya ? cakep ya ? hihihihihi

    lucu, tapi pasti mahal :p

    Sep.16.2009 at 5:47 am
  9. nengjeni

    itu cara yg saya adaptasi dari ibu saya dulu, ternyata masih manjur sampai sekarang … 🙂

    Sep.16.2009 at 8:47 am
  10. niken

    aku belajar dr temen kantor ku untuk manage duit pake amplop..dan itu emang ga mudah..e, beli buku itu juga ah, makasi ya info nya 😀

    Sep.16.2009 at 11:05 pm
  11. m.ansyar

    ehm…,itu sih bisa juga!
    Salam kenal nih sobat…

    Sep.17.2009 at 11:00 am
  12. tooooooooooopics

    hmmm… sama kayak yang diajarkan ibukku waktu aku mo merantau ke jakarta.. hihihi

    Sep.17.2009 at 1:42 pm
  13. latree

    lah, buat ngisi amplop yang ada aja masih kurang kalo di awal bulan. nanti sambil ngejalanin bulan harus cari lagi, hihi…

    met lebaran ya fan… maaf lahir bathin…

    Sep.17.2009 at 3:19 pm
  14. Nena

    wah, penting juga kayaknya bukunyaa..

    dan kayaknya sangat penting bagi pengantin baru sepertimu!! hehehe..

    Minal aidin wal faidzin ya Fany… 🙂
    maaf lahir dan batin..

    Sep.17.2009 at 4:19 pm
  15. Aji

    salam kenal mbak.
    saya punya blog yg isinya juga ttg perencanaan keuangan dan investasi. masih sedikit sih yg saya tulis, tapi kalau mau mampir ke blog saya, monggo lho. mau tanya lansung, just email saya.
    matur nuwun
    salam,
    aji
    wewewedotkeloladanadotblogspotdotcom

    Sep.17.2009 at 8:45 pm
  16. elia bintang.

    repot2 pake amplop, baru sebentar udh penuh.. mendingan pake celengan aja.. hehe.

    btw, salam kenal yah! 🙂

    Sep.18.2009 at 1:16 am
  17. jiban

    manjemen duit?
    selama kita blom bisa me-manajemen qolbu/hati
    kayaknya susah deh buat me-manajemen duit
    *pengalaman pribadi

    Sep.18.2009 at 5:16 pm
  18. lindaleenk

    err….perlu beli ga yah 8-|
    klo buat nabung yang ga diganggu2 udah nabung lewat mama sih..
    trus juga punya rek buat keperluan transaksi..
    trus rek buat nabung..
    trus celengan buat nabung..
    trus dompet khusus buat nabung.
    klo pengeluaran bulanan,siapin di dompet beberapa aja…sambil dipilah2 ini buat apa..itu buat apa 😀

    Sep.28.2009 at 10:25 pm
  19. Ayu

    temen gw juga udah beli fan.. kaya nya gw perlu beli juga deh.. mengingat banyak pengeluaran tak terduga yang gak jelas 😀

    Oct.03.2009 at 9:37 pm
  20. -alle-

    fan,. jadi klo gajiannya ditransfer bank (bukan amplopan tunai), ngambil dulu pake nominal kecil trus dimasukin ke amplop ya? 😀

    Oct.05.2009 at 11:13 am
  21. igen

    cerita yang menarik.
    saya juga seperti suami anda. saya geologist yang sedang tertarik investasi…

    salam buat anda dan keluarga

    Jun.07.2010 at 1:43 am
Leave a Comment