Blogshop Balikpapan & Samarinda

Ketika mendapat jadwal untuk mengajar blogshop di Balikpapan dan Samarinda, saya cukup excited. Pertama, seingat saya, saya belum mengenal teman-teman blogger dari Balikpapan maupun Samarinda, saya hanya kenal beberapa blogger dari Banjarmasin. Kalo ada yang merasa pernah kenalan tapi saya gak inget, maklum aja, soalnya kalo cuma kenalan sekali tanpa kontak2an lagi memang bisa aja lupa. :cool: Kedua, saya belum pernah menginjakkan kaki di Pulau Kalimantan. Yay! :mrgreen:

Saya berangkat bersama rombongan panitia Pesta Blogger ke Kalimantan, ada Mas Iman Brotoseno, Nia Maverick, Mbak Yati, serta Dian Agustin & Mr Tristram Perry dari US Embassy. Sesampai di Balikpapan, kesan pertama terhadap kotanya adalah: bersih -dibanding Jakarta tentunya. :) Suka deh kalo liat kota yang bersih. Oiya, bandara Sepinggan bagus juga view-nya. Ketika sedang akan mendarat, di kiri saya bisa melihat laut, sedangkan di kanan bisa liat daratan. Bandaranya terletak di pinggir laut. :) Di sana kami menginap di Novotel yang salah satu view-nya juga laut. Tapi sayang sekali, di pinggir pantai sudah banyak dibangun ruko, jadi agak mengganggu tuh pemandangan lautnya. :(

bersama b!bloggerHari pertama kami langsung cek tempat yang akan digunakan untuk Blogshop, di Stikom Balikpapan. Malamnya kami bertemu dengan teman-teman komunitas B!Blogger (Balikpapan Blogger) untuk koordinasi ttg acara Blogshop. Pertemuannya sendiri di sebuah cafe yang terletak tepat di pinggir laut, dengan angin laut malam yang kejaaaam… :| Udah khawatir aja kl besoknya langsung masuk angin.. :-s

Hari kedua, Blogshop alias Blogging Workshop yang saya pandu, dibantu teman-teman B!Blogger.

Acara blogshop berjalan cukup lancar, walaupun koneksi internetnya kurang bagus. Tapi saya masih cukup bersemangat karena para pesertanya juga pantang menyerah. :D Oiya, pesertanya beragam, mulai dari anak SMP yang berumur 14 tahun sampai ibu guru yang berumur 56 tahun. Bahkan ada ibu rumah tangga juga lho..

bpn bersama peserta IMG_2208

Malam harinya diadakan acara Meet & Greet alias Pesta Blogger Mini, yang bertempat di halaman kampus Stikom tersebut. Ada beberapa teman blogger dari Banjarmasin yang juga hadir, jalan darat pake motor selama 12 jam! :o They’re ‘crazy’. :lol: Tapi salut banget dan bikin kami seneng banget.. :)

Hari ketiga, kami menuju Samarinda menggunakan mobil sewaan. Di sini Mbak Yati digantikan Nena Maverick. Perjalanan ke Samarinda menggunakan jalur darat harus dalam kondisi fit kalo belum terbiasa. Jalurnya, wuiiih penuh tikungan tajam kanan kiri. Untungnya di sepanjang perjalanan kami asyik ngobrol dan becanda, jadi tidak terasa. Beda dgn pulangnya nanti, krn pada tepar jd diem doank dan berasa banget mabok darat. :-s

Malam harinya kami dijamu makan malam oleh rekan-rekan BCC di Rumah Makan “Kunyit”, dengan menu antara lain ikan nila, ikan patin, kangkung, udang, dll. Dan bumbu & masakannya bener2 enaaak! Susah nemu masakan yang dimasak sederhana tapi serius enak gitu di Jakarta sini.

Hari keempat: Blogshop dilanjut Meet & Greet yang bertempat di Bappeda Samarinda. Ini merupakan blogshop terbesar, dengan jumlah peserta mencapai 80an orang. Selain itu koneksi internetnya memadai, komputer cukup (sebagian besar bawa laptop) bahkan tersedia 10 iMac, ruangan cukup besar dan AC cukup. Pesertanya pun cukup antusias dan mudah mengerti. Saya suka! :D Bikin semangat ngajarnya. Walaupun di luar ruangan sempat ada keributan, tapi acara blogging workshop di dalam ruangan bisa dihandle dan cukup lancar tanpa gangguan berarti, dibantu oleh beberapa teman dari BCC sbg co-tutor.

Page 1 of 4 | Next page