Belajar Menjahit :D

November 16, 2008 / by / 80 Comments

Saya selalu gemas melihat baju-baju bermodel simple yang dipajang di etalase-etalase mall yang harganya selangit. Saya pikir, kok bisa ya baju gitu doank harganya bisa sampe uang jajan sebulan.. *lebay*.

Jadi inginnya bisa membuat baju-baju yang diinginkan dengan biaya minim. Sepertinya seru :D
Selain itu, kebetulan bunda juga dulunya penjahit (tapi gak bisa ngajarin), sering bikinin baju saya, sejak kecil udah liat mesin jahit di rumah, dan alasan-alasan lain. Intinya sih, saya pengen bisa menjahit, dan mudah-mudahan merancang baju sendiri. :cool:

Jadi, mulailah saya mencari info tentang kursus menjahit atau kursus rancang busana di sekitaran Semarang, sempat juga tanya Tobil dan Momon untuk sekitaran Jogja, tapi mereka gak tau. :roll: Akhirnya nemu beberapa pilihan, tapi muahalnyaa… Gak kuat bayar, apalagi niatnya cuma buat pribadi bukan buat jadi perancang busana *sebenernya juga karena gak berani mimpi tinggi2*. :P

Sempat menyerah karena gak nemu tempat yang sesuai, tapi sepertinya Tuhan memang merestui saya buat belajar menjahit. Tiba-tiba teman baik saya, si Olip, mengabarkan kalau dirinya baru saja mendaftar les menjahit. Ya kursus sederhana sih, lebih ke penerapan gak ada teori, jadi kalau mau serius sih untuk teori harus hunting materi sendiri. Lokasinya hanya sekitar 1km dari rumah saya, biayanya teramat murah, dan yang penting jadwalnya sangat fleksibel. YAY! :mrgreen:

Jadi, ini rok jahitan saya yg pertama. :mrgreen:

rok

Belum kelar di bagian pinggang, jd blom bisa dicoba. Karena hanya buat latihan jadi pakai kain yg murah-meriah seadanya dulu.

Di rumah pakai mesin jahit dinamo (listrik), tapi di tempat les pakainya mesin jahit manual. Mengendalikan mesin jahit itu tidak semudah bayangan. Tapi untungnya dari kecil udah sering liat proses menjahit, jadi pas praktek hanya latihan beberapa menit udah langsung bisa jahit langsung roknya. :D Waktu SMP juga udah belajar macam-macam jahitan tangan, jadi guru lesku udah gak ngajarin lagi.

Tingkat dasar ini belajar yang simple2. Mulai dari rok, celana pendek, baju baby, blouse/kemeja, babydoll, sampe gaun sederhana. Lama kursus tingkat dasar 3bulan sampai 1tahun, tergantung rajin masuk dan kecerdasan masing2. :D Targetnya sih sebelum 6 bulan udah kelar. Tapi entah, habis sering bolos. :P Semoga bisa dikejar deh…
Doakan sayaa… :mrgreen:

NB: kursus jahitnya ini di SEMARANG.


About the Author