Fany’s Freewriting

(old blog) Now writing @ www.faniez.me

City Daily Photos

tg-muda.jpgIndonesia punya banyak sekali kota besar maupun kecil. Ya iya lah, negaranya kan luasss… Masing-masing kota punya keindahan dan ciri khas tersendiri. Tapi di luar negeri sana, orang paling hanya baru mendengar Bali (dan itu bukan kota, tapi pulau!), Jakarta, atau Yogyakarta saja.

Jadi sebagai bloger, kenapa tidak memperkenalkan kota sendiri di dunia internasional lewat blog?! Apalagi dalam rangka Visit Indonesia Year 2008 ini. Selain berupa tulisan, kita juga bisa memperkenalkan kota sendiri lewat foto yang kemudian menjadi PHOTOBLOG!

Di Internet sudah ada komunitas internasionalnya. Namanya City Daily Photo. Di komunitas ini, membernya adalah para pemilik photoblog tentang kota masing-masing. Kota Semarang juga sudah dari akhir tahun lalu join.

Daily, berarti photoblog itu seharusnya di-update setiap hari. Satu foto saja setiap hari. Tapi yah kadang-kadang sampe seminggu gak update ada juga sih… :mrgreen:
Dan seharusnya tidak hanya foto-foto bagus dr segi fotografi yang ditampilkan, tapi lebih ke foto keseharian kota itu. Jepret pakai kamera HP pun gak masalah. Membernya justru lebih suka pada foto-foto yang natural ataupun jurnalisme, bukannya semata olahan fotografi. Karena ini kan komunitas daily photo, bukannya fotografi yg fotonya harus keren-keren.

sdp1.gifSebenarnya aktifitas forumnya lumayan sih, anggotanya saling komen sana-sini. (Bahkan tak jarang kopdar antar-negara). Tapi aku jarang komen-komen sih, soalnya susyah ya mengeluarkan isi otak pake English *ketauan dodolnya*. πŸ˜† Lalu setiap bulan juga ada ‘theme day’ atau apalah namanya (blm pernah ikut jg :p). Jadi di hari itu, member yang ingin berpartisipasi bisa posting foto sesuai tema yang telah ditentukan. Dan semua pesertanya saling me-link. Jadi jika Anda mengejar pagerank, buatlah city daily photoblog. πŸ˜€

Selain Semarang (SDP), kota lain yang juga sudah ada: Jakarta, Bandung, Medan, Bogor, dll. Jangan meniru SDP, krn udah jarang diupdate πŸ˜› Dan jg masih jauh dari kriteria ‘daily photo’ yg sebenarnya.

Coba cek aja kota kamu apakah sudah masuk ke dalamnya. Bisa di-search dari list city yang ada di sidebar Semarang Daily Photo. Jika belum, silakan dibuat kalau berminat. Dan kasitau di sini kalo sudah ya.. πŸ˜‰

*1st pic from: here.

30 comments on “City Daily Photos

  1. Tapi aku jarang komen-komen sih, soalnya susyah ya mengeluarkan isi otak pake English *ketauan dodolnya*

    akhirnya kamu jujur juga fan … πŸ˜€

    *tendang yudi ke timika*

  2. bagus-bagus Mbak, fotonya… tapi bener juga katamu, artsy banget, hehehe…kurang terasa dailynya… (kecuali foto banjir depan rumahmu itu….hehehehe). tapi keren…keren….

    hehe ya itu makanya, kmrn aku dah ngomong sm kontributor2 laen biar fotonya berasa daily bukan art doank. makasih ya πŸ˜€

  3. Wah… Ide bagus ini fan. Mungkin besok-besok saya bisa mengupload daily photo narcis saya dimana setiap harinya akan dikirim satu foto [tidak lolos sensor]dalam posisi apapun. Meh tangi turu, ngupil, wis sak karep2e. Pasti bisa mempopulerkan [kebobobrokan] diri sendiri di hadapan dunia [perkentiran] International.
    Piss…

  4. surabaya blom ada ya? padahal kota buaya ini memiliki sederet fotografer dengan kamera poket yg hasil jepretannya cukup buat bikin iri.

    ada Jie, ada Fahmi.

    ayo rek, nggawe Surabaya Daily Photos! ntar aku ikutan deh πŸ˜€ *kebetulan lg niat beli digicam*

  5. Hi Jeung,
    Udah lama ngga dolan ke sitenya Fany. Bagus tuh SDPnya. Kebetulan aku suka moto juga dan sudah ada beberapa foto semarang yang bisa dipasang. Kalo mau nyumbang foto gimana ya caranya? *ketauan dodolnya juga*
    Bahasa Inggrisnya bagus kok.. serius! πŸ˜‰

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *