Jalan-jalan ke Kasongan

January 08, 2008 / by / 34 Comments

Sebenernya ini agak basbang, karena jalan2nya udah dari bulan lalu barengan saat ke Borobudur (sama ayu dan mitha temen ayu) :mrgreen: Tapi sayang deh kalo gak diposting karena ada infonya dan juga karena lagi gak ada ide nulis apa2.

Sebelum ke Kasongan, kami sempat tanya2 tentang jarak tempuhnya ke sana. Semua orang Jogja yang kami tanya bilang itu jauuuuh.. :roll:

Lalu kami menuju Kasongan dari daerah kota naik taksi. Sampai di Kasongan cuma habis Rp. 25ribuan saja! Padahal sopirnya bilang “Wah itu jauh sekali, Mbak..” Karena kami terbiasa di Jakarta kalo jauh tuh minimal seperti Blok M – MangDu, atau kalo di Semarang spt Kaligawe – Banyumanik (tanpa lewat tol), jadi dari situ ke Kasongan kami tidak menyangka cuma segitu dibilang jauh. :lol:

Kasongan merupakan nama jalan yang menjadi pusat kerajinan keramik dan gerabah yang ada di Kabupaten Bantul, Yogya. Di sepanjang jalan itu, yang mungkin panjangnya ratusan meter atau sampai ber-kilometer, terdapat banyak sekali galeri seni. Sebagian besar produknya memang dari keramik atau dari gerabah, tapi tidak sedikit juga kerajinan lainnya seperti yang terbuat dari kayu, bambu, batok kelapa, kulit, dll.

Ada galeri yang menjual dengan harga pas dan murah, tapi ada juga yang mahal-mahal dan harus ditawar. Di sana temanku beli topeng yang terbuat dari kayu, dengan harga 20an ribu satunya. Tapi yang kecil lebih murah, kira2 belasan ribu.

Kerajinan yang ada di sana juga dipasarkan ke luar kota, bahkan mungkin luar negeri. Sebagian besar kualitasnya bagus menurutku. Beberapa gallery juga punya alamat email yang bisa dihubungi untuk pemesanan. Tapi maap, gak nyatet sama sekali. Mendingan lihat2 sendiri ke sana dulu. :D Buat yang suka menghias rumah dengan pernak-pernik, di sini tempat yang sangat tepat, segalanya ada!

Oh iya, kalau ke situ kita tidak harus membeli kok, motret2 doank juga gpp (haha gue banget). Mungkin karena udah jadi desa wisata gitu kali ya. :) Update: gak sengaja juga jepret hiasan agak saru haha :lol:

Patung @ Kasongan-Bantul Kerajinan Topeng @ Kasongan-Bantul Galeri Tempat Lilin @ Kasongan-Bantul

Jika berkunjung ke Kasongan, kalau hanya ingin lihat2 lebih baik naik motor, karena bisa lebih nyaman ke sana kemari dan parkir dimana saja. Tapi kalau mau beli2 ya naik mobil, karena beberapa jenis barangnya kan rawan pecah.

Yang jelas, ke Jogja dan sekitarnya tanpa kendaraan sendiri seperti kami adalah menyebalkan. Angkotnya susahhhh! Dari Kasongan itu kami tidak tahu harus balik ke kota naik apa, bahkan orang2 yang ditanya pun gak tau! Telp taksi pun tidak ada yang mau ke situ! Nasib deh. Akhirnya naik bus apa aja yg lewat (untung gak salah arah), lalu turun di jalan yang kira2 udah aku kenal, dan lanjut naek becak. :lol:


About the Author