A A
RSS

Jalan-jalan ke Kasongan

Tue, Jan 8, 2008

Traveling

Sebenernya ini agak basbang, karena jalan2nya udah dari bulan lalu barengan saat ke Borobudur (sama ayu dan mitha temen ayu) :mrgreen: Tapi sayang deh kalo gak diposting karena ada infonya dan juga karena lagi gak ada ide nulis apa2.

Sebelum ke Kasongan, kami sempat tanya2 tentang jarak tempuhnya ke sana. Semua orang Jogja yang kami tanya bilang itu jauuuuh.. :roll:

Lalu kami menuju Kasongan dari daerah kota naik taksi. Sampai di Kasongan cuma habis Rp. 25ribuan saja! Padahal sopirnya bilang “Wah itu jauh sekali, Mbak..” Karena kami terbiasa di Jakarta kalo jauh tuh minimal seperti Blok M – MangDu, atau kalo di Semarang spt Kaligawe – Banyumanik (tanpa lewat tol), jadi dari situ ke Kasongan kami tidak menyangka cuma segitu dibilang jauh. :lol:

Kasongan merupakan nama jalan yang menjadi pusat kerajinan keramik dan gerabah yang ada di Kabupaten Bantul, Yogya. Di sepanjang jalan itu, yang mungkin panjangnya ratusan meter atau sampai ber-kilometer, terdapat banyak sekali galeri seni. Sebagian besar produknya memang dari keramik atau dari gerabah, tapi tidak sedikit juga kerajinan lainnya seperti yang terbuat dari kayu, bambu, batok kelapa, kulit, dll.

Ada galeri yang menjual dengan harga pas dan murah, tapi ada juga yang mahal-mahal dan harus ditawar. Di sana temanku beli topeng yang terbuat dari kayu, dengan harga 20an ribu satunya. Tapi yang kecil lebih murah, kira2 belasan ribu.

Kerajinan yang ada di sana juga dipasarkan ke luar kota, bahkan mungkin luar negeri. Sebagian besar kualitasnya bagus menurutku. Beberapa gallery juga punya alamat email yang bisa dihubungi untuk pemesanan. Tapi maap, gak nyatet sama sekali. Mendingan lihat2 sendiri ke sana dulu. :D Buat yang suka menghias rumah dengan pernak-pernik, di sini tempat yang sangat tepat, segalanya ada!

Oh iya, kalau ke situ kita tidak harus membeli kok, motret2 doank juga gpp (haha gue banget). Mungkin karena udah jadi desa wisata gitu kali ya. :) Update: gak sengaja juga jepret hiasan agak saru haha :lol:

Patung @ Kasongan-Bantul Kerajinan Topeng @ Kasongan-Bantul Galeri Tempat Lilin @ Kasongan-Bantul

Jika berkunjung ke Kasongan, kalau hanya ingin lihat2 lebih baik naik motor, karena bisa lebih nyaman ke sana kemari dan parkir dimana saja. Tapi kalau mau beli2 ya naik mobil, karena beberapa jenis barangnya kan rawan pecah.

Yang jelas, ke Jogja dan sekitarnya tanpa kendaraan sendiri seperti kami adalah menyebalkan. Angkotnya susahhhh! Dari Kasongan itu kami tidak tahu harus balik ke kota naik apa, bahkan orang2 yang ditanya pun gak tau! Telp taksi pun tidak ada yang mau ke situ! Nasib deh. Akhirnya naik bus apa aja yg lewat (untung gak salah arah), lalu turun di jalan yang kira2 udah aku kenal, dan lanjut naek becak. :lol:

{ 9,164 views }

34 Responses to “Jalan-jalan ke Kasongan”

  1. fahmi! says:

    hlahh… pose kamu berfoto di depan gallery loro blonyo itu kok sendirian? loro blonyo itu kan mestinya sepasang :D

  2. Fan, maaf nih, ada “PR” yang harus kamu kerjain nih.

  3. Nisa says:

    foto yang terakhir bagus deh… :mrgreen:

  4. aprikot says:

    “ke Jogja dan sekitarnya tanpa kendaraan sendiri seperti kami adalah menyebalkan”

    banget!!!!! makanya klo mo ke yogya slalu ngrusuhin didit :D

  5. de says:

    gak minta anter zam nduk?

  6. venus says:

    kalo jalan kaki atau ngesot gitu, capek ya fan? wekekeke…..

  7. pink says:

    hi, tempat lilinnya lucu…
    btw asik ya jalan2. aku taon baru ini belom pernah pgi kluar rumah apalagi jalan2. hiks…

  8. MATUR SEMBAH NUWUN,KASONGAN SAMPUN DI POSTING ING BLOG MBAK FANNY.

    SEMOGA PENGRAJIN TERBANTU.
    DAN AMAL MBAK FANNY DI TERIMA DI SISINYA..!!!

    *CAPS LOCK ERROR*

  9. haaaa…jalan-jalan………….
    *nangis guling-guling dimeja oferator*

  10. zam says:

    20 rebu bisa jadi 3 milyar!!

    *gajul Lurah Kasongan*

    hiya.. Jogja adalah surga tanpa kaki.. wekekekek..

  11. heheh salam kenal mba numpang lewat nih wahh enak ya jalan jalan ke jogja :idea:

  12. stey says:

    makanya ajak2 fan..kan bisa jalan kaki bareng aQ,jadi lebih meriah gitu..hehe..

  13. lowo says:

    wahh,, diriku udah duluan liat2 foto2nya di flickr daripada postingan ini … :mrgreen:

  14. Thomas Arie says:

    Dari kasongan, naik bis ke arah kota cuma ada 1 macem, yang dari jurusan Bantul. Turun dimana akhirnya? Pojok beteng? Atau langsung sampai terminal?

    Iya sampe beteng (eh beteng bukan ya?), itu lho plengkung gading -kalo gak salah- trus naek becak :P

  15. andi bagus says:

    hohohoh..itu topeng nya kok agak mirip ya.. (mirip topeng juga mksd nya..) :smile:

  16. wawan says:

    di jogja kalo ga ada kendaraan emang susah, apalagi kalo malam, kemana2 harus naik taksi.

  17. Nona Nieke,, says:

    Waduh,
    kayanya ga cuman ke Jogja aja mbak yg susah kalo ke mana2 ga ada kendaraan,
    hampir di tiap tempat juga gitu,
    kecuali jarak antar tempat deket2 dan banyak angkutan alternatif :mrgreen:

  18. enaknya bawa motor sama mobil kali yak
    jadi bisa jalan-jalan n belanja :lol:

  19. amri says:

    salam kenal…
    wach seru..jd pengen kesana..

  20. bluedee says:

    hohoho…asik jalan2 mlulu fan.

  21. rido says:

    halah jalan2 mulu, ga pegel apa kaki :p

  22. Dimas says:

    Begitulah Jogja, transportasi umum memang jarang sekali, maafkan kami… *lho?* :D

    Kapan ke Jogja lagi? :wink:

  23. [H]Yudee says:

    :cry: mo motret HI di kasongan, gagal maning gagal maning … pdhl kalo bagus kan bisa tak jual hasil potonya ….

    hiks hiks hiks …

  24. anno' says:

    tk kirain kasongan di kalimantan…… :smile:

  25. dik dik says:

    :smile: jadi inget jogja…poto2 kmu bagus…cocoknya jadi petani deh…heeheee. just kidding…. :smile:

  26. soang says:

    weh jan………… kok podo norak kabeh tooooooo :mrgreen: ……. eh, ra nyambung po ??? :wink: yo ben lah ra ono seng kenal iki yo to??? :shock: :twisted: oiyo…… jln2 ki ngepenak’e ati. :cool:

  27. nawarih says:

    kalau naik bis dari jakarta, bisa ga? klo bisa turunnya dimana? desanya kecil atau besar sih?

  28. padma says:

    jadi ingat waktu muda, jalan – jalan di kasongan…….

  29. koko says:

    saya juga anak kasongan

  30. Dijamin pasti kembali kalau sekali ke kasongan. Cari souvenir atau hany craft ya kasongan tempatnya.

  31. Kalau jalan-jalan ke kasongan jangan lupa mampir ke gallery saya juga ya, deket ko ama kasongan

  32. asep nana andriana says:

    mohon informasi, pengrajin di kasongan yang bisa membuat diorama yang berisi patung-patung ukuran kecil yang terbuat dari kayu alam. juli kemarin sempat saya lihat di kasongan ada tapi saya tidak sempat mencatat alamatnya. terima kasih.

Leave a Reply

On Twitter

Find Me

Categories

Archives

Latest Flickr photos

Switch to our mobile site