Fany’s Freewriting

(old blog) Now writing @ www.faniez.me

Antara Setip dan Memory (RAM)

Pagi ini aku disibukkan dengan komputer pribadi (maksudnya yg di kamar) yang tiba2 bermasalah. 😯 Padahal semalam shutdown-nya normal2 aja… 🙄 Coba dianalisis deh.. *halah, maksudnya dicek2 gitu lho* 😛

Monitor gak bereaksi, BIOS (tentu) gak muncul, keyboard juga mati. Lampu LED power di CPU nyala, tapi gak ada suara BEEP yang biasa ada saat komputer start. Trus buka casing deh 😡 Power supply jalan, dvdrom masih bisa buka-tutup, kipas2 dalam cpu jalan. 🙄

Then, cek mobo sepertinya baek2 aja krn lampu LED nya juga nyala dan prosesor sepertinya juga masih baek krn kipasnya jalan. Err….tidak menjamin sih ya ini. 🙄 Batere BIOS? Kayaknya gak mungkin juga, umur komputernya aja baru setengah tahun..

Coba kencengin semua kabel dan semua yg nyolok di slot. Tapi tetep, NIHIL. *capek*

Chat sama Dendong, katanya dia pernah gitu, dan masalahnya di prosesor, secara kita pake AMD, katanya gampang panas dan bermasalah kalo dibuat kerjaaa terus. Waks, kalo prosesor yg rusak, musti beli lagi mahal… 😥 *PANIK*
Chat sama Yogie, katanya dia pernah juga, masalahnya di memory, coba disetip aja katanya. Hmm dulu pas jaman kuliah juga pernah sih, nyetip memory gt, kelupaan..gak kepikiran..

Akhirnya sambil bersih2in debu, dan setelah dicoba, berhasil! :mrgreen: *thx, Gie*

Menyetip MemoryJadi, di tiap memory (RAM) itu kan ada bagian2 kaki yang untuk dicolokkan ke slotnya, yang warnanya kuning. Nah, bagian itulah yang perlu digosok2 dengan setip itu, kayak kalo nyetip tulisan yang salah gitu aja.

Entah ini ajaran (ilmiah/bukan) dari mana ya, jadi memory itu kadang perlu disetip. Tau setip?Karet penghapus (untuk pensil) itu lho, kalo di Semarang (dan Jawa?) sini biasa disebut setip 😆 Gak ngerti juga kenapa perlu digituin, semoga ada yg bisa ngasi komen tentang alasan ilmiahnya kenapa begitu? :mrgreen:

Jadi, walaupun udah gak nulis pake pensil lagi, tapi jangan buang setip Anda dari rumah, siapa tau dibutuhkan buat benerin memory 😉

42 comments on “Antara Setip dan Memory (RAM)

  1. IMHO, itu krn kotor aja…
    aku pernah jg ngalamin gitu, trus dibersihin aja pake lap kering, trus pasang lagi, nyala deh tuh komputer 😀

    Fany: iya kali ya.. mgkn pake setip biar kotoran2 yg nempel kehapus. soalnya aku sebelumnya lap pakai tisu kering gak ngefek…

  2. mmm wah padahal udah siap obeng ama perlengkapan laennya… ternyata dah bisa rupanya!!!
    rencana sih mo tak tukar tambah ama CPU kantorku pentium 3,5 :mrgreen: … malah udah bisa duluan…! 😥 😀

  3. Wah jadi inget jaman gw punya PC dulu, emang klo memory yang udah ditempel lama di PC biasanya jadi agak korosi, jadi bisa dibersihin pake penghapus atau aplas yg soft.

  4. tapi awas, jangan sampe gesekan itu menimbulkan listrik statis.. bisa rusak tuh chipchip di memori..

    setip kan bisa buat menghilangkan kotoran di dalam tembaga-tembaga konduktor memori itu. karena kotor, data tidak dapat tersalurkan ke memopri dengan baik, sehingga ngadat dah tu kompi..

    *sotoy*

  5. jadi alasan ilmiahnya adalah,
    Setip itu khan berfungsi untuk menghapus kesalahan ketika kita menulis dengan pensil. karena salah ahirnya di Setip biar bisa bener (dibenerin). nah, klo RAM kmtpr kita trouble kan berarti ada yg salah.
    kesimpulanya sesuatu yg salah itu ya di Setip aja.
    So! semoga nyambung deh :mrgreen:

  6. Kalo pake garet gelang digosok-gosokkan ke situ bisa gak yak???

    Soalnya dulu alternatif kalo ga ada setip ya pake itu hueheehehehe… :mrgreen:

  7. hmm, setip??? gak salah nih 😆
    wah, bisa2 ntar harga setip jadi mahal karena banyak permintaan buat repair pc 😯 😯
    duh, dunia ini emang aneh tapi nyata ya 🙄 ❓

  8. wakakakka…ngakak sek pokoke..!!!
    di cleaner…menurut tmen jhiban al maulana yaitu pak eko dari IMKA…musuh utama komputer itu debu..dan setiap slot apapun itu harus di cek klo gitu..melihat judul tak kiro opo..itu mah dah biasa…kasus kompi lab ma kantor plus rumah kalau malam hari (warnet)…ingat senjata kita suwut/kuas, ma semprotan angin, ma cleaner klo ada…eh AMD yang baru sekarang walaupun dipake lama tapi masih tetep ajah adem…yang aku peke ini amd tiap malem ga pernah prei..WE is the best/tanding ben bengi…tetep ok slalu kok…setelah make semalem temperatur masih tetap bertahan di 30 derajat….okeh sukse slalu deh tuk fanny…

  9. Yap.. itu sudah bener kok.. jadi logika-ne ngene… bawhasanya.. di memori ntu ada debris kecil atawa bisa dikatakan partikel yang menganggu jalannya listrik mainboard ke memory… so dengan setip (atawa penghapus karet) biasanya dapat membersihkan debris – debris itu dan voila bisa jalan lagi. Debu adalah musuh bagi para PC-Ers wkwkwkw.. jadi kalo PC-nya telanjang bulat a.k.a side panel (casing) dibuka biasanya lebih rentan error CMIIW lho ya..

    *tips ini gw dapet pas jaman2nya gw lagi seneng ngoprek kompie uhm sekitar tahun 2002 or 2003 dari salah satu milis, kalo nda salah milis mailplus.

  10. sama persis dengan yg saya pernah aLami… 😛

    memang itu setip manjur bgt!
    *myAMD casingnya terbuka soaLnya maen OverCLock &jadinya kena debu yg bisa bikin masaLah pada RAM*

    thanks
    =SaLam=

  11. kalau nggak salah fungsi dr setip itu adalah untuk membangkitkan kembali ion2 listrik yg ada di kaki2 memori (yg kuning itu lho)…kalau nggak salah lhooo….ini juga kata para pakar2 sih..

    salam kenal

  12. memang benar dan tidak, karena setip adalah bahan karet yang bisa menimbulkan arus listrik, tapi kalau gak pakek setip bahan yang lain bisa juga. kalau aku sering pakek setip. sebenernya yang bikin hank komputer adalah karena RAM nya yang kecil. makanya law komputer RAM nya kecil buat buka program yang agak gede kapasitas memorynya bisa hank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *