Ribut-ribut PLTN
Fri, June 22, 2007 | On: General
Fri, June 22, 2007 | On: General
Belakangan di berbagai media lagi banyak bahas tentang rencana pendirian PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir). Ada pihak yang pro, ada juga yang kontra.
Kalo aku: kontra. Yah, memang pengetahuanku tentang itu minim banget sih, tapi kalau melihat berita seperti di negara maju aja bisa kebocoran, Indonesia juga sangat mungkin terjadi.
Memang sih kalau diitung2 jangka panjangnya biaya yang dikeluarkan lebih kecil dibandingkan menggunakan bahan bakar minyak, gas, dan batubara. Tapi apa negeri ini sudah mampu menghandle project yang sedemikian besar dan riskan?
Katanya bakalan ditenderin ya ke negara2 seperti AS dll? Nah kalo AS yang menang, lalu nantinya mau berbuat jahat dengan Indonesia, kan tinggal bobolin tuh PLTN, habis semua deh rakyat Indonesia. Yak, ini bisa jadi cara bunuh diri..eh bunuh bangsa yang efektif! Atau mgkn malah efek radiasinya bisa membuat pria dan wanita jadi steril (kata guru lesku dulu). Wah kalo gitu, bisa2 kita gak punya anak-cucu lagi nanti. Hehe..maaf kalo pemikirannya jadi gak mutu
Bukannya gak percaya sama kemampuan bangsa sendiri sih, tapi pasti ada sumber energi lain yang lebih ramah lingkungan dan lebih aman. Pemerintah harus mikirin dampak positif-negatif jangkapanjangnya. Daripada duitnya buat biayain rapat2 dan seminar2 sosialisasi PLTN, mendingan buat ngadain sayembara atau sbg biaya penelitian aja bagi para ilmuwan negeri ini, mengenai penciptaan rancangan alternatif sumber energi lain yang ramah lingkungan.
Indonesia aku rasa punya ilmuwan2 muda yg cemerlang, di olimpiade internasional fisika aja bisa juara umum. Pasti jika mereka diberi fasilitas untuk riset, bisa juga memberi kontribusi ide.
Kemarin pas jalan2 ber-agrowisata (nonton agro expo doank sih), di situ ada pemanfaatan energi biogas, dalam skala kecil sih. Aku gak tau apa biogas bisa dimanfaatkan untuk skala besar. Jika memang bisa, tentu ini juga bisa jadi salah satu solusi.
June 22nd, 2007 at 4:09 am
aku juga ga setuju setuju sama Mbak(kontra PLTN), ada energi matahari yang berlebih dan juga resiko lebih kecil,kenapa ga dimanfaatkan????
June 22nd, 2007 at 4:49 am
Semua sudah dipikirkan masak-masak tentang untung rugi dan resiko-resikonya oleh pemerintah to ya…
Tapi nggak tau deh kalau ada unsur KKN-nya 
Kalau ada energi alternatif yang dapat menghasilkan tenaga listrik untuk memenuhi kebutuhan se-Jawa Bali dengan cara yang lebih aman, pasti sudah dipilih cara tsb dari kemarin-kemarin.
Saya sih percaya saja dgn pakar-pakar dipemerintahan
June 22nd, 2007 at 8:26 am
Saya netral aza deh…
PLTN bole2 aza, tapi kenafa ngga dibangun di pulau yang tak berpenghuni, kata guru SD saya, Indonesia punya lebih dari 13000 pulau, banyak yang tak berpenghuni, banyak pilihan kan
June 22nd, 2007 at 8:28 am
Wah.. tender kaya gituan bisa2 jadi lahan empuk korupsi tuh..
June 22nd, 2007 at 9:02 am
Sebenarnya nggak masalah.. lha wong pembangkit listrik “konvensional” aja membuat banyak korban kok. Saya rasa yang saat ini disetujui hampir seluruh pakar energi adalah bagaimana memanfaatkan sumber energi di luar fossil fuel kan?. Matahari, angin semua bisa dimanfaatkan. Idealnya sih tiap daerah di Indonesia memanfaatkan sumber energi terbanyak yang ada.
Tapi pembangunan PLTN pastinya perencanaannya lebih hati-hati. Terus harusnya ada plan kalau semisal suatu saat terjadi meltdown.
Jangan-jangan bahaya PLTN hanya akal-akalan para raja minyak dunia ajah. Supaya nggak buru-buru kehabisan pelanggan
Konspirasi.. konspirasi
June 22nd, 2007 at 11:21 am
setuju Fan!!
Bio Energi emang lagi booming sekarang-sekarang ini, bahkan pertamina punya produk Bio (tapi aku lupa namanya..)
Emang sih pasti ada disadvantage atau advantage masing-masing. Mungkin aja *Think positively* pemerintah sudah menimbang-nimbang baik dan buruknya.
June 22nd, 2007 at 11:29 am
pdhl lo disebelahnya juga uda dibangun pembangkit listrik yg cukup gedhe, lah yg lbh was was aku fan cuman berjarak 25 kilo dr rumahku *apes*
June 22nd, 2007 at 11:38 am
selain takut resiko kebocoran,,,
sebenernya sih menurut saya ngga papa
cuman resikonya emg gede bgt sih…
June 22nd, 2007 at 3:11 pm
energi nuklir sangat efesien, dibanding energi yang lain, jadi penghematan bisa dilakukan. Soal kebocoran atau segala macam resiko, memang harus dipikirkan. *Wah komenku kok ga ada konklusinya yak?*hehehe
June 22nd, 2007 at 3:52 pm
klo katanya sih banyak ruginya dari pada untungnya, mending memberdayakan sumber daya yang udah ada dan dapat kita kerjakan sendiri tanpa bantuan dari negara lain.
June 22nd, 2007 at 4:05 pm
setuju ama om yang atasku ini nin…om ario!!
tp sebenarnya lagi, ini kan teknologi yang sangat baru bagi kita, lha SDMnya siap ga?ga soal negara mana yang bakalan bikin, lha nanti mosok pengoperasiannya malah jatuh ke tangan asing
udh telekomunikasi kita dikuasai asing yo mosok listrik ngene arep dikuasai asing
June 22nd, 2007 at 6:47 pm
mungkin yg kontra ngeliat mentalitas mroyeknya, jadi gemes gitu. setuju ama om diatas, lebih baik belajar mandiri aja, gunakan kekuatan sdm lokal (indonesia), jadi nggak ketergantungan ama asing terus, begicu
June 22nd, 2007 at 9:30 pm
Indonesia kaya akan kandungan uranium di dalamnya. Dan itulah alasan mengapa jika PLTN dibangun diprediksi akan menghemat dan mengefisiensikan kandungan energi di Indonesia. Dan memang tidak bisa dipungkiri, dari segi mentalitas dan SDM Indonesia kurang. Termasuk nantinya dalam urusan administratif dan managementnya.. hmm hmm.. Susah.. semuanya emang kembali ke pribadi masing-masing..

June 23rd, 2007 at 2:58 am
harry: eh soal energi matahari, kebetulan priyadi pernah melakukan hitung2 tenaga surya. dan ternyata hasil perhitungannya = tidak menguntungkan secara ekonomis, paling tidak untuk saat ini.
kalo soal bio fuel, untuk penggunaan personal keliatan bagus, tapi untuk produksi massal ternyata berat di ongkos dan nggak ramah lingkungan karena praktiknya banyak membabat hutan untuk dijadikan ladang sawit. ini pernah ditulis timpakul, tapi aku lupa permanent linknya.
anyway, jelasnya belom ada yg ngukur daya dan efisiensi PLTD, pembangkit listrik tenaga dalam
mestinya nggak banyak biasa operasionalnya, dan kayaknya instalasinya lebih gampang hihihi 
June 23rd, 2007 at 5:58 am
jangan bermain2 dengan api…. nanti terbakar…
June 23rd, 2007 at 8:09 am
yang pasti, jadi ladang korupsi yang menggiurkan..
June 23rd, 2007 at 10:45 am
Gak setuju PLTN! at least untuk saat ini. Indonesia belom mampu me-menej. Apalagi kalo ada disaster; liat kecelakaan transportasi, banjir DKI, liat Lapindo, gak beres2. Kebayang gak kalo sampe ada non-conformance di PLTN. Catastrophic; yg gigit jari, ya rakyat indonesia juga. Setuju sm Zam, juga pasti dijadiin ajang korupsi. Pasti.
June 23rd, 2007 at 10:51 am
setiap inovasi mesti ada konsekuensi baik buruknya
saya sih setuju-setuju saja dengan PLTN, asal SDM kita siap…
June 23rd, 2007 at 12:26 pm
setuju aja sih kalo soal teknis dan macem2…
kalo problem sosial dan kemasyarakatan?
nah itu yang harus diselesaikan…
dari pemahaman masyarakat, untung rugi masyarakat sekitar…dll deh..
June 23rd, 2007 at 2:13 pm
Saya setuju dan wajib ada pLTN di Indonesia.
Mereka yang mbacot bahwa teknologi nuklir di Indonesia adalah hal yang baru adalah orang-orang yang gak ngerti nuklir.
Reaktor nuklir sudah ada di indonesia sejak tahun 1970 an. Di Bandung (BATAN), Jogja (reaktor KARTINI) dan 2 tempat lainnya.
Saya bahkan pernah masuk ke ruang reaktor nuklir (langsung di reaktornya) di BATAN. Saya juga melihat proses pemasukan selongsong bahan bakar (Uranium) ke tengah reaktor.
Siapa bilang nuklir bikin mandul, lah wong BATAN lokasinya cuma seberang jalan ITB, klo memang mandul, tentu semua anak ITB pada mandul, terutama jurusan Matematika dan Teknik Industri yang lokasinya bersebelahan dengan BATAN.
Hoax itu, buktinya gw sekarang dah punya 2 anak yg lucu2 dan sehat (alhamdulillah).
Menurut gw yg perlu dilakukan adalah memberitahu orang-orang awam tentang PLTN dan keamanan energi nuklir secara umum.
June 23rd, 2007 at 3:00 pm
aku kontra jg, udah ngeri klo ngebayangin negara maju aja bisa kebocoran apalagi ke’ indonesia bocor sana sini deh, mending biaya nya buat pendidikan ama kesehatan dulu
June 23rd, 2007 at 3:52 pm
Saya jadi nyadar listrik itu biayanya mahal banget. tapi saya nggak bisa maklum (masih belum trima) kalo tarif listrik juga mahal…
untuk urusan listrik tenaga nuklir, kalo mampu kenapa nggak, kegagalan (kecelakaan) di indonesia itu (sangat) biasa, tapi mencoba apa salahnya, semoga keberhasilan tidak tertunda (oleh kegagalan)…
June 23rd, 2007 at 9:25 pm
Keren banget komentarnya mas Jono
Minggu lalu ada pemadaman listrik bergilir sepulau Jawa karena PLTG & PLTU yang ngga (bisa) beroperasi, rasanya pembangkit baru memang perlu, tapi harus nuklir ya
June 23rd, 2007 at 10:04 pm
@all:
ya sebenernya yg dikhawatirkan oleh orang2 yg kontra itu soal dampaknya kalo terjadi bencana. Memang kalo aman2 aja hasilnya bakalan bagus banget. Tapi apa SDM kita sudah siap? Trus kalo terjadi kecerobohan, efeknya gak hanya ke penduduk di sekitarnya aja, tapi juga radius ratusan kilo (atau ribuan?).
Dan yg di 4 kota itu kan skalanya memang masih kecil, jadi pengawasan dan pemeliharaannya memang bisa terjaga dengan baek.
June 23rd, 2007 at 10:33 pm
bangsa indonesia memang tidak pernah percaya akan kemampuan diri sendiri…punya hasil hutan dikelola orang asing, punya tambang berlimpah dikelola asing…mungkin sudah menjadi watak bangsa kali ya yang suka hidup terjajah…hm…sungguh bangsa yang aneh…
June 24th, 2007 at 3:22 pm
Menurutku sih pembangunan PLTN sangat perlu sekali. Jangan hanya terjebak pada permasalahan kekurangan sumber energi. Tapi yang paling penting bangsa kita harus maju, jangan mau ketinggalan dalam penerapan energi nuklir.
Masalah dampak, tiap sumber energi pasti ada risikonya lah.. mandul? Lha klo PLTD meledak juga bisa mbunuh orang.. kena radiasi asal masih dalam dosis layak jg gpp.. lha aku bolak-balik ngelewatin Pusat Kedokteran Nuklir, ato masuk2 ke bagian radiologi jg (semoga) gpp. Para dokter2 radiologi tuh kena terus radiasi jg gpp. Asalkan mereka mematuhi SOP yg berlaku.
June 26th, 2007 at 10:04 pm
Kayaknya pembangunan pltn di indonesia lebih banyak karena ada unsur politis, tekanan dari negara luar..
Untuk tenaga angin, memang resource angin di indonesia begitu besar, namun kecepatan anginnya selalu berubah, perlu desain turbine generator yang lebih bagus dan mahal..
Untuk tenaga surya, cost untuk installing atau pengadaan sel surya itu mahal sekali, kayaknya tekor kalau digunakan dalam skala besar..
Saat ini energi yang lg marak digunakan adalah geothermal, energi ini renewable lagi. Pltp susah “goal”-nya dari pemerintah karena susah untuk dikorupsi, karena sistemnya simpel skali..
June 28th, 2007 at 5:05 pm
Mas mas dan Mbak mbak…
Selalu didengungkan2 soal bahaya PLTN, Coba lihat data2nya bandingkan sekarang ini lebih dari 460 PLTN di dan 1000 Reaktor Riset di seluruh dunia. Masih lebih banyak korban meninggal kecelakan KA Jabotabek jurusan Serpong-Tanah Abang. Di Chernobyl memang meninggal 32 orang, dan terkontaminasi ribuan orang. Tapi ingat itu teknologinya sangat berbeda RMBK, dan sebenarnya tujuan Chernobyl untuk selain listrik juga buat Plutonium (buat bom kan Soviet masih perang dingin).
Kanada, Perancis, Amerika, Korea, Jepang dll yang punya ratusan Reaktor tidak ada korbannya, atau hanya beberapa (kecelakan kerja) bukan akibat kebocoran radiasi.
Kekhawatiran limbah dan kekurangan Uranium: sekarang jepang malah sudah mengembangkan FBR yang akan menggunakan limbah reaktor LWR (konvensional) menjadi bahan bakar nya. Jadi Limbah–jadi bahan bakar lagi. Nah Dgn teknologi ini Jepang akan berswasembada energi listrik sampai ratusan tahu. (Indonesia udh mpot2 tan) Terus kalo Uranium habis masih ada lagi Thorium..
Thorium (ratusan tahun lagi) mungkin sebelum itu habis sudah berhasil rektor Fusi yang bahan bakarnya air, kalau ini berhasil maka InsyAllah sampai kiamat cukup..
Kenapa tidak pakai energi surya, angin, dll ..Itu juga dikembangkan ..tapi masalahnya tidak cukup kan..kalau memang cukup kenapa negara2 maju itu yg risetnya lebih maju dari Ind tidak memprioritaskan energy surya dll..Malah mereka mengadakan riset besar2an untuk Reaktor Fusi, FBR dll
July 4th, 2007 at 1:43 pm
ada lebih dari 25 komen yang pro dan kontra, itu artinya semua peduli bangsa ini. Karena kita sadar kita ini bangsa yang kaya raya, tapi, eleuh euleuh..
carut marut, pakaiannya sobek sana sini. buat yang kontra; karena yakin Kita masih punya banyak tenaga, bukan sekedar PLTN, dan buat yang pro karena yakin aman.. nach saya mah usul.
gimana kalo kita kumpulkan kekuatan kita, kemudian bikin PLTDal; alias Pembangkit Listrik Tenaga Dalam. cocok kan buat kita yang masih percaya tahayul klenik, perdukunan dan sebangsanya.. hihihi
July 11th, 2007 at 4:05 pm
hayah…
masih mau aja pemerintah indonesia dibodoh2i
maunya membodohi rakyat tapi malahan dibodohi negri asing jan$%#%@^&@&
gak tahu aja, ntar klo indonesia macam2 amerika tinggal teriak “Yippie Kay Yai” sambil neken tombol… JREEEETTT
Indonesia gak akan punya teknologi listrik lagi….
July 19th, 2007 at 1:59 pm
Setuju,klo perlu bikin crash program untuk PLTN…
mas2 dan mbak2 klo mau tentang PLTN atau nuklir dimana to nyari informasinya?
Klo biogas untuk pembangkit listrik substitusi PLTN/PLTU ga kebayang berapa banyak sampah organik yang diperlukan atau berapa banyak makhluk hidup (termasuk manusia) yg harus buang hajat demi listrik….
January 20th, 2008 at 10:11 am
selamat karena anda perduli bumi.
barangkali 8 catatan pendek saya tentang argumentasi sederhana menolak pltn di http://ruangasadirumahkata.blogspot.com berguna.
salam hangat
February 10th, 2008 at 8:20 pm
pak pemerintah…..
mndingan gk usah deh ye_ ntar nyusahin anak cucu kite…..
mendingan ye, pak pemerintah menekan laju kepadatan penduduk agar pemakaian tenaga listrik gk banyak-banyak amat…… ye pa ye_
April 23rd, 2008 at 1:51 pm
saya 100% ga setuju!!!
pembangunan PLTN hanya akal-akalan, kalo kita sama-sama mau mikirin lebih…
udah banyak hal kyk begini, ntar akhir2nya bangsa kita sendiri yang rugi..
coba bayangin limbah PLTN yang dibuang ke bumi INDONESIA bakal lama ga’ bisa di apa2in tanahnya.