Fany’s Freewriting

(old blog) Now writing @ www.faniez.me

Copy-Paste, Bangga?!

Apa sih yang bikin bangga kalo tulisan di blog hanya copy-paste dari blog orang lain?

Tanpa mencantumkan link sumber pula! Diaku-aku blog milik pribadi yang menyebarkan knowledge, tapi melakukan penjiplakan?!

Udah banyak yang bahas ini, bagaimana etikanya, dsb. Sepertinya aku tidak perlu membahas lagi. Salah satu kasus udah aku bahas di situsku sebelah, tapi kejadiannya tetap berlanjut, dan malah semakin banyak yg copy-paste! Bukan hanya dr blogku itu, aku liat juga dari blog milik blogger lain ๐Ÿ™„

Temen blogger lain pun sepertinya sudah banyak yang mengalami, terlebih jika tulisannya itu mengandung informasi yang berguna, misal tutorial, informasi tentang suatu hal baru, bahkan resep!

Kalau untuk kasus tulisanku, para penjiplak itu sepertinya masih baru ngeblog. Hmm aku sebenernya gak suka pake istilah blogger pemula, senior, newbie, master, dll dsb. Tapi apa bener2 gak tau soal etika seperti itu ya? Kalo memang gak tau, itu mungkin menjadi tugas kita bersama untuk lebih memasyarakatkan etika ngeblog, memberi pemahaman tentang creative commons license misalnya.

Hmm apa mereka gak bisa merasakan ya bagaimana susahnya menuliskan sebuah ide/gagasan, agar berguna bagi orang lain (pembaca blog kita)? Oh yeah, tentu mereka tidak tahu bagaimana rasanya memeras otak, karena gak pernah menghasilkan karya sendiri, alias jiplakan semua ๐Ÿ˜† ๐Ÿ™„

Oh iya, aku gak banyak ngerti soal pagerank, SEO, dsb. Tapi sejak situsku di sebelah itu isinya banyak dicopy-paste, pagerank nya jadi turun dari 4 ke 3 ๐Ÿ™„ Katanya Google lebih suka kontent yang unik dan original kan, jadi mungkin saja konten nya dianggap tidak unik lagi ๐Ÿ™„

Bagaimana memerangi situs2 penjiplak ya? Susah ya…

pic from: here.

56 comments on “Copy-Paste, Bangga?!

  1. keduax!!
    apa sih yah enaknya nulis hasil jiplakan???kalo ada yang njiplak di gangbang bareng2 ajah, itu ada simbok venus, mungkin beliau bisa mengajarkan ilmunya..hahahaha

  2. mmm gitu ya fan kasusnya kayake pernah liat deh tulisan ini dimana yaa??? oh iya pernakpernikblog dot blogspot dot com ๐Ÿ™‚ oooh itu punya kamu juga ya fan ๐Ÿ˜† siapa fan yang ngopypaste tulisan kamu!!! adukan aja ke komnas ham perlindungan per-blog-kan biar diatasi oleh bupati kendal dan kamtib pt.eskopret.!!!
    soal page rank dari 4 ke 3 bukannya tambah naek tuh rankingnya???

    iyo, pernakpernikblog mah blog ku juga ๐Ÿ˜€
    semakin tinggi nilai pagerank, semakin bagus rankingnya. nilainya ampe 10
    .

  3. Fany, kebiasaan menjiplak ini sepertinya sudah menjadi ciri masyarakat kita. Lihat saja, CD bajakan, VCD bajakan, DVD bajakan. Pantas saja banyak musisi yang pada masa tuanya hidup susah karena hak cipta mereka dilanggar di depan mata. Soal blog? Ini juga susah karena blog bisa dibaca siapa saja dan dari mana saja. Yang bisa kita imbau bersama: kalau mengutip isi blog, sebaiknya mencantumkan sumbernya. Siapa saja sih Fan yang mengutip tulisanmu tanpa izin?

  4. tidak ada yang bisa dilakukan untuk para plagiat ini…aturan hukum sebenarnya sudah ada tentang haki, tetapi mampukah kita memproses mereka secara hukum?

  5. Setau gue, Google bisa membedakan mana website yg original dan mana website yg menjiplak content. Sepertinya mereka tau dari tanggal halaman tersebut ke index, halaman yang keindex duluan sepertinya yang menjadi acuan bahwa halaman itu adalah halaman originalnya.

    Dan halaman web penjiplak tersbut akan dikenakan penalti oleh Google, yaitu tidak akan ditampilkan di dalam hasil search selama kurun waktu tertentu, CMIIW.

    FYI, http://forums.searchenginewatch.com/showthread.php?t=3661

    Oh gitu ya…
    Thanks infonya
    ๐Ÿ˜€

  6. aku kok masih susah ya membedakan yang diesbut penjiplak?

    kalo informasi itu berguna, bukannay bagus kalo emang info itu dimanfatkan?!
    itulah gunanya ktia nggeblog bukan?!
    โ“

    apa karna tidak mencantumkan dari mana asal tulisan? sehingga kita dianggap penjiplak?
    kalo itu aku setuju…
    :p

    ya mesti yg tak sebut penjiplak yg gak nyantumin. kalo yg nyantumin sih gpp, kan di sesuai ketentuan creative commons license yg kupakai di situsku ๐Ÿ™‚

  7. beberapa waktu lalu memang banyak blog indonesia turun pagerank, mungkin google barusan update algoritma pageranknya. soal pembajakan… mmm gimana ya, lumayan repot. tapi diliat positif aja fan. kalo dibajak itu berari tulisanmu bermutu, tulisanmu dianggep bagus oleh orang lain. itu artinya pujian, walopun caranya agak aneh hehe :mrgreen:

  8. mmm, anu ..
    yen sing jiplak ganteng
    trus umure 27-30
    trus mapan uripe
    trus .. dsb
    piye jall, brubah pikiran ra kowe ?

    *mencelat ning tugumuda*

  9. gapapa kan orang jiplak…
    yang penting kita gak ikut jiplak. lagian apa kita nulis hanya untuk diketahui ama orang2 bahwa kita yang nulis, atau lebih ke isi tulisannya.
    oke, setiap orang mengharapkan penghargaan dari setiap karyanya. setiap orang juga salah jika menjiplak dan menjual karya orang lain. Tapi kan gak akan jadi masalah kalo misi kita hanya membuat orang lain seneng. spreading the happiness ๐Ÿ˜‰
    selamat berbagi ya….

    PS: silakan copy paste dari blog jelekku ๐Ÿ˜›

  10. Kalo copy-paste nya dr forward-an e-mail gimana, Fan? ๐Ÿ™„ Hehehe.. soalnya gua emang sengaja bikin blog yg isinya forward-an e-mail semuaa ๐Ÿ˜ณ

  11. Tapi sejak situsku di sebelah itu isinya banyak dicopy-paste, pagerank nya jadi turun dari 4 ke 3 Katanya Google lebih suka kontent yang unik dan original kan, jadi mungkin saja konten nya dianggap tidak unik lagi

    ==> Sangkain yg paling ok kalo page rank-nya 1, hehe.. ๐Ÿ˜€

  12. #asep , #kurniawan, dkk:
    ok nanti saya publish, untuk sementara saya ingetin dulu, kali aja mereka bener2 gak ngerti. Kalo semingguan lebih msh ngeyel ya tak publish di sini :mrgreen:

  13. Lah.. di protect aja fan, jadi gak ada yang jiplak. Btw, tau gak caranya ? gw juga mau dunk ๐Ÿ˜† walaupun blog gw gak ada yg jiplak, huhehehehe.

  14. Yah, itu dah jadi habit banyak orang atau kaum intelek di negeri ini. Aku jadi inget kejadian sekitar 15-an taun lalu saat kerja di koran Bernas Jogja. Waktu itu redaktur tamunya, bang Chelly alias Rizal Mallarangeng yang sekarang udah Doktor itu, banyak menyetop tulisan dari beberapa nama yang dicurigai sering njiplak tulisan orang lain. Dia sebut mereka sebagai “cut and glue intellectual”. Termasuk satu di antaranya DR. Ipong S Ashar yang bertahun2 kemudian kena batunya. Doktor itu sudah runtuh reputasinya karena terus membiasakan diri untuk main jiplak. So, time will tell. Pasti akan ada akibatnya kelak…

  15. yah susah ya Fan, wong vcd/dvd bajakan aja ga bisa ilang2 (uda kyk mendarah daging) gimana blog yg cuma freewriting tanpa ada legalitas hukumnya? sabar aja Fan, lagipula visitor2 pasti lebih ‘sayang’ ama Fany dibanding tukang copy-paste itu hehehe :mrgreen:

  16. setuju kata zam *sepertinya dia juga mengutip kata2ku tanpa menyebutkan sumbernya*

    bahwa indonesia adalah negara agraris,
    jangankan petani, blogger pun juga membajak ๐Ÿ˜›

  17. pagerank itu penting ya fanz ?

    yang diblognya ngelink koleksi mp3nya juga segudang tuh dengan santainya bahkan yang komen juga terang-terangan blg mo download. Intinya sama kan, bajak, copy-paste, niru, sgl macem, dah budaya.

  18. ๐Ÿ˜ณ gue sering copy-paste, blog gue emang kumpulan copy-paste kok. Nggak ada nama sumbernya. Lha… aku kira nggak apa-apa. Maksudku ngebuat blog juga biar klo kemana-mana bisa ngeliat catetan gitu… salah ya ? ๐Ÿ˜ฏ

  19. ๐Ÿ˜ฅ Tadinya gue juga copy-paste tulisan-mu ini, gue pikir unik dan bisa buat bahan masukan tentang pembajakan di Indonesia. Waktu ngebaca reply-nya… gue batal deh… abis ada yang usul nendang sama tetangga se-rt. Tapi gue udah terlanjur baca, jadi udah inget… gimana Fan ? nggak boleh ngomongin ya ? Gue pengajar IT di SMA. Gue butuh banyak referensi biar bisa ngajar. Gue nggak pernah fc textbook, o/s + office gue ada lisense lo, dan gue selalu ngomong “berdasarkan sumber di internet…” meski nggak pernah nyebut nama penulis, ribet dan terlalu sering nama itu cuman nama samaran… Elo sendiri Fan itu nama samaran bukan ?

  20. aku kalo co-past selalu mencantumkan pemilik blog..tapi anehnya orang2 yang co past blogku gak mau nyantunin alamat blog..

    hihikz..gak papa toh blog mereka gak masuk SEO

  21. Yah begitulah keadaan blogger indonesia, padahal yang copy paste juga terkadang marah kalo contentnya di copy paste. Jangankan artikel di internet, yang dah ada hak patent aja bajakannya masih menjamur tuh. Jadi anggap aja mungkin mereka dalam tahap belajar menulis — merangkum– menyadur dan akhirnya bisa menulis sendiri. Cape Deh

  22. Setuju
    Caranya memerangi ya perlu dimasyarakatkan etika kupipes, juga tempeli logo anti kupipes. Anu, bikin isi blog, teksnya dibikin picture, biar mumet mau nempeli ke blog. cuma kasihan bagi pengunjung, ntar kalo sudah jamannya internet cepat nanti kayaknya jadi trend, ngggkali loh !

  23. mbak fanny, tapi klo copy paste-nya untuk kemajuan blogger indonesia…
    bagaimana mbak??
    misalnya untuk memotivasi para blogger dan bukan blogger untuk rajin nge-blog…
    bagaimana tuh mbak..???

    trus seandainya copy paste, trus mencantumkan nama penulisnya bagaimana juga tuh mbak…??

    soalna saya juga pernah copy paste, tapi tuk kemajuan blogger indonesia dan di postingannya saya tuliskan asal penulisnya..

    boleh tidak mbak??
    thanks ya mbak atas info nya

  24. klo aq tuh kesel banget karena pantun bikinan qu malah di pajang di forum pantun romantis indonesia oleh moderator nya, tanpa back link ke blog aq…

    gimana aq gak rewel caci maki coba….
    masa moderator forum kayk gtu….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *