Fany’s Freewriting

(old blog) Now writing @ www.faniez.me

Buku Panduan Memulai WordPress

Buku Panduan WordPressBukuku yang kedua sudah terbit. Buku tentang WordPress.
Judulnya: Panduan Praktis Bikin Blog dengan WordPress.

Buku ini ditujukan untuk pemula yang pengen punya blog dengan domain dan hosting sendiri, menggunakan software dari WordPress.org. Jadi bukan panduan buat bikin blog gratisan di WordPress.com (dijelasin di kata pengantarnya kok).

Salah satu kelebihannya kalo pakai domain dan hosting sendiri, tentu saja kita bisa melakukan kontrol penuh. Instalasi atau bikinnya pun relatif mudah dan cepet, bisa dalam hitungan menit! Yang makan waktu paling cuma proses sewa hosting+domain aja. Tapi rata2 skrg penyedia web hosting sudah pada menerapkan one day service kan. Trus biaya untuk punya hosting dan domain sendiri skrg relatif murah πŸ™‚

Poin-poin yang dibahas di buku panduan WordPress ini antara lain:

  • Pengenalan WordPress sebagai blog engine
  • Instalasi WordPress (di komputer lokal maupun server online)
  • Pengenalan domain, hosting, cara memilihnya, dan hal-hal seputar itu.
  • Pengaturan dasar blog
  • Pengelolaan Blog (termasuk import content dari blog lama)
  • Template dan cara gantinya
  • Mengoptimalkan dengan plugin (contoh instalasi bbrp plugin sederhana)
  • WordPress sebagai situs komunitas

Penerbit: Mediakita (Agromedia Group, sama kayak buku I)
Harganya Rp. 22.000,-
Mungkin minggu2 depan sudah ada di Gramed, Gunung Agung, dsb.

Harapannya, semoga buku panduan ini bermanfaat buat yang membutuhkan, dapat dimengerti oleh yang beli dan baca, dan semoga cetak ulang dalam waktu singkat seperti buku pertama hehehe.. πŸ˜€ *amin* Segala kekurangan dan update akan dilakukan di cetakan kedua -kalo ada-. Makanya doain ya…dan beli! *tetep..* πŸ˜†

Review dan tulisan terkait:

Gambar: Front CoverBack Cover.

70 comments on “Buku Panduan Memulai WordPress

  1. waaaa.. thanks ya fan..
    senang punya teman yg produktif nulis πŸ™‚
    gonna buy it for sure, for me n my pals.. πŸ˜‰

    wait for my review ya…

    moga2 yg rumah dot net ku bisa segera launch,
    i dun have times to brows all information
    n so glad u can compile it in a simple book..

    keep up the good work πŸ™‚

  2. weh, kk fany hebat euy.. Kyanya jago jurnalistik neh kk fany.
    kk fany, boleh minta commentnya nggak ttg blog Qu?? maksudnya dari sisi umumnya (penempatan gambar, link2nya, designnya, dll). πŸ˜€

    Best Regards,

    Your friend

  3. wuihh,, mautt.. buku keduaaaa
    tak kirain ki nulis novel
    jebule tutorial meneh…
    ok deh,, sekali lagi makan makannnn
    *1,5 jam lagi nih dapet jatah makan2nya* πŸ˜€

  4. Selamat untuk Fanny! Dalam waktu singkat, Anda sudah menulis dua buku tentang weblog. Saya minta izin memasang fotomu di blogku, terkait komentarmu ttg artikel di blogku yaa Fan.

  5. Kyanya ada yang ulang tahun neh sekarang.. hehehe..
    kk Fany, selamat ulang tahun yah (tau dari friendster). Semoga sehat selalu dan dikabulkan segala yang telah diniatkan.

    Best Regards,

    Your friend

  6. As. mbak fan luar biasa bukuny. moga bermanfaat n bukuny jd amal jariyah. n jangan lupa bersyukur :???:was. salam palembang

  7. ka, saya mw psan dunk ka soalnya d bandung dah jarang saya dah cari kmna2 g nemu mba plg da buku yag pertama itu juga satu lagi trus sy beli deh tapi saya mw buku yang kedua kaka klo mo mesen g mn caranya kak πŸ˜₯

  8. Seiring dengan kenaikan BBM Indonesia, maka kami memutuskan untuk MENURUNKAN harga dengan

    fasilitas yang tetap UNLIMITED! Gak mahal dan sangat cocok buat blog Indonesia dengan traffik

    tinggi.

    Domain Name :
    .com/.net/.org/.info/.biz/.name/.us = Rp.75.000/tahun
    Web Hosting Mulai:
    Space 25MB BW 2.5GB Rp 45.000 / tahun

    Server IIX Indonesia, cepat dan fasilitas lengkap serba UNLIMITED!

    Info Lengkap:
    YM!ID : AhliHosting
    Email : webmaster@ahlihosting.com
    Website: http://www.ahlihosting.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *