Solo Kali Pertama

April 15, 2007 / by / 39 Comments

Sekitar seminggu yang lalu, aku sempat jalan-jalan ke Solo sehari. Hmm gak sampe sehari sih, karena berangkatnya udah agak kesiangan. Berangkat dari Semarang sekitar jam 10 kurang, sore sebelum gelap udah pulang lagi. :neutral: Itu kali pertama aku menginjakkan kaki di Solo. Sebelumnya pernah, tapi hanya numpang lewat :mrgreen:

Perjalanan ke Solo dari Semarang memakan waktu sekitar 3 jam (atau kurang deh kayaknya), dengan kondisi jalan yang lumayan lancar dan mulus. Berbeda dengan kondisi jalan ke arah Jogja yang sekarang mulai berlubang sana-sini :roll: Dari kota Semarang arahnya ke selatan sama kayak kalo mo ke Jogja, tapi sampe di sebelum terminal Bawen (Ambarawa) kalo mo ke Jogja ke kanan, kalo ke Solo kiri. Dari situ lalu lewat Salatiga, Boyolali, trus Solo. (maap kalo ada yg kelewat, habis msh blm ngerti daerah2nya).

Di jalan menuju Salatiga itu ada tempat2 enak buat refreshing sepertinya. Yang masih aku inget persis dari arah Semarang ada 2 tempat rekreasi di kanan jalan. Yang satu namanya lupa tapi tempatnya sepertinya buat rekreasi keluarga semacam Ngrembel kemarin. Yang satu lagi Kampoeng Kopi Banaran yang ternyata cukup terkenal, yaitu wisata agro kebun kopi gitu, tapi ada fasilitas2 asiknya juga. Waahh jadi pengen ke sana, dari cerita temanku sih tempatnya lumayan asik, bisa liat pemandangan hijau nan indah, ada tur keliling juga. Must go kapan2 buat jalan2, walau aku gak doyan kopi :)

Sepertinya masih ada beberapa agrowisata lagi di sepanjang jalur itu, terlihat dari beberapa plang promosinya. Tapi kok gak ada penunjuk tempatnya dimana, jadi gak ada info deh :roll:

Sesampainya di Solo, kami cari tempat makan yang katanya cukup dikenal, yaitu rumah makan Kusuma Sari. Ada beberapa tempat (cabang), aku sendiri karena buta Solo jadi gak tau juga itu yg di mana :roll: Tempatnya lumayan, bersih, dan sejuk. Dan berangin, karena di beberapa sudut malah angin ACnya kegedhean, jadi pindah meja deh :lol: Makanannya untuk sekelas rumah makan ber-AC gitu (kalo dibanding Semarang), muraahh! Menu utama paling mahal tuh 10ribu, burung dara goreng. (Aku mesen itu, tapi sayang habis :sad: ). Menu lainnya hanya 5-10ribuan, termasuk steak2 atau daging2nya. Es krim, cuma 2ribuan.

Trus acara selanjutnya adalah belanja. Hiks ternyata ke Beteng (atau Benteng ya?), pusat kain2, batik2, dan kebaya2 gitu. Maklumlah perginya kan sama ibu2 kantornya bokap juga, jd ngikut aje deh. Kebetulan salah satu ibu itu anaknya mo nikahan, jd lagi nyari kebaya2 buat seragam keluarganya. Yah semoga saja dengan aku ikutan belanja bisa kecipratan juga cepet nikahan… *amin* :razz:

Karena di Beteng aku baru dapet 1 belanjaan, pas baliknya aku minta mampir ke sebuah FO yang kayaknya cukup besar di Solo (soalnya di beberapa tempat aku liat ada cabang2nya). Namanya Fashion Village. Dari interior ruangannya, aku kira pasti bajunya mahal2. Tapi ternyata, MURAH lagi! Dan ibu2 yang habis belanja di Beteng, di situpun ikut belanja2 karena ngliat harganya muraaaah banget. Akhirnya banyak dapet belanjaan deh di situ.. *dasar wanita :lol:*

Jadi untuk sementara, 1 kata yang bisa disimpulkan dari Solo: murah (makan dan belanjaannya). Pengen ke sana lagi next time, kalo ada waktu luang dan ada temen. Aku dengar banyak makanan enak juga di sana, sayangnya blom sempet nyobain…


39 Responses
  1. chocoluv

    hehehe,, kusuma sari tu lebih murah yang lesehan… (di belakang restorannya…) nyobain kroketnya ngga, mbak? enak tenan… :P

    huhuhu,,, aku malah jarang belanja ke solo :d

    Fany: iya, di deretan situ ada versi lesehannya.. tapi parkirnya susah, jd ke restonya. Nyobain donk kroket mayonise… enakk :D

    Apr.16.2007 at 1:08 am
  2. ghoz

    enak banget yah kk fany bisa jalan2 mulu. Huhh.. Di jakarta ketemunya gedong ama mall mulu, klo mo keluar kota paling2 klo nggak ke puncak ya bandung. sekali2 pengen dah refreshing kya gitu. hohoho..

    Best Regards,

    Your friend

    Apr.16.2007 at 4:28 am
  3. didats

    wah, dari dulu aku pengen ke solo. cuma gag ada temen ke sana. mo temenin? :P tapi nanti… :D

    eh, eh, ada yg kirim salam… :D

    Fany: Yuk, tapi belajar nyetir dulu gih! :lol: Salam? Maksudnya kamu cerita (ada yg krm buat kamu), atau ada yg krm buat aku. Gak jelas!

    Apr.16.2007 at 4:51 am
  4. didut

    betul juga, se-umur2x aku juga belom pernah ke solo pdhl jogja udah bosen..hmm, cari temen hunting ah :)

    Apr.16.2007 at 8:13 am
  5. cahyo

    judulnya kok agaknya gimana gitu mbak : Solo Kali Pertama atau Pertama Kali Ke Solo? :shock:

    Fany: menurut EYD setahu saya emang bukan “pertama kali”, tapi “kali pertama”. (udah tak update kasi abbr tuh)
    Ya memang sih blog ini gak pake EYD 100% hehe

    Apr.16.2007 at 8:15 am
  6. sapi

    baru pertama ke solo, lo? weleh2…. :roll:

    Apr.16.2007 at 8:29 am
  7. Luthfi

    wah, selama ini kemana aja mbak?
    coba mampir ke jalan Honggowongso
    di situ banyak yg juwalan makanan asyik2 :-)

    Fany: seringnya ke jogja mulu, hbs gak ada temen di Solo :P

    Apr.16.2007 at 8:45 am
  8. zam

    Kusuma Sari setauku RM hi-level lo.. ke sana itu gr pas SMA kalo pas ada yg ngajakin makan-makan. entah jadian atau ultah. nek ke sana dewe? wegah!! :p

    bener kata Monik, udah nyoba kroket seharga Rp. 3000? wakakakaka..

    Benteng Plasa atau Beteng plasa, sama saja. :D Itu pusat kain, yg letaknya tak jauh dari Pasar Klewer, pusat batik.. Sebenernya di depan plasa itu ada sebuah situs bersejarah yang sayang sekali tidak terawat karena masalah kepemilikan tanah.. Benteng Rottenberg, yang kalo di Jogja mirip kek Vredeburg..

    Terus Fashion VIllage? Hmm.. Belum pernah ke sana sih..

    Murah? padahal menurutku isih murah Jogja lo.. :-? terutama haraga MAKANAN-e.. Cuma kalo soal RASA dan VARIASI, Solo memang ngangeni..

    asem.. dadi pengen mulih Solo.. :(

    Apr.16.2007 at 8:49 am
  9. venus

    semarang – solo kan deket?? masa baru pertama ke sana sih? *geleng-geleng ga ngerti* :mrgreen:

    Apr.16.2007 at 8:54 am
  10. rinnie

    wah Fan makanan nya murah-murah banged :roll:
    Di Jakarta jarang2 ada makanan murah + enak..

    Apr.16.2007 at 9:11 am
  11. imcw

    mbak Fany baru pertama kali, saya malah belum pernah ;(

    Apr.16.2007 at 10:43 am
  12. sangar

    yo fan, rak popo, rak sah akeh dolan dolan, rak perlu ngerti ndi ndi.. persiapan wae jogo omah.. gladi resik dadi ibu rumah tangga..

    Apr.16.2007 at 1:17 pm
  13. yanti

    jadi pengen belanja ke Solo.. makam kakekku di sana, tapi sejak punya anak aku ga pernah ke sana lagi. males aja travelling jauh2 bawa balita. mungkin krn ortuku di Bandung jg, jadi ga ada tuntutan mudik :)

    Apr.16.2007 at 1:21 pm
  14. Biho

    I was there.

    Apr.16.2007 at 1:57 pm
  15. kw

    wah… ada salah satu warung swieke di daerah kratonan yang konon dahsyat! sayang belum sempat kesampean, karena gak niat kali. sering lewat sebenarnya.

    Apr.16.2007 at 2:14 pm
  16. BunSal

    Hallow, kata temenku, salah satu makanan khas Solo adalah Serabi Notosuman [cmiiw].
    Lokasi persisnya siy blum tahu, tapi, di Sukun, timurnya Soto Ayam Pak No, ada toko makanan kecil yang khusus menjual serabi ini.

    Apr.16.2007 at 2:53 pm
  17. diditjogja

    yang satu paling buikin kesengsem soal solo : kotanya bersih dan tertata rapi!
    siap jadi kota industri, jelas akan lebih baik dari jogja, dan dari semarang tentunya….heheheee..

    makanan? ehem…HIK/Angkringan Kodim!!!]
    apalagi kalo dibayari Kang Wedhouz n Kang Irf!!
    enak naannn…..ajibbb….

    @ zam : muleh…muleh!!!

    Apr.16.2007 at 5:22 pm
  18. diditjogja

    lho fan? kok gravatarku gak metu? asem ik…

    Apr.16.2007 at 5:22 pm
  19. SemarangCerah

    nah kan….., kemarin2 aku usulin ultahmu itu ke banaran cafe aja :lol:

    Apr.16.2007 at 5:24 pm
  20. cyn

    duh.. makan murah
    duh..blanka-blanji
    duh..jalan-jalan
    duh..solo..

    ikutttttt dong fan :wink:

    Apr.16.2007 at 5:50 pm
  21. Devi Girsang

    wah aku malah belum pernah ke Solo.. pernah sih ke Yogya pas studi tour SMP, cuma uda ga inget juga hahaha.

    Apr.16.2007 at 10:54 pm
  22. mbèk

    perasaan semua pada ngomongin makanan dan kota solonya, tapi tampaknya pada terlewat statement penting dari postingan ini :

    perginya kan sama ibu2

    :grin:

    Apr.17.2007 at 12:37 am
  23. mbèk

    @didit : wuuuu… nembe neng solo pisanan wae trus langsung men-judge… :smile:
    pokoke semarang is da best… hahaha…

    Apr.17.2007 at 12:41 am
  24. maya

    ke solo emang asik banget, waktu itu pas abis pembubaran panitia ospek kampus dari tawangmangu, mampir beli oleh2 di sana

    kapan2 kumpul anak2 loenpia ke solo aja fan *aku pasti ngikut* :D

    Apr.17.2007 at 9:27 am
  25. rama

    waaaaaaaaaaaaaaaaa, aku juga belum pernah ke solo. padahal kan deket… cuma dari Bali aja, gak nyampe sehari naek bus malem kan ya? :mrgreen:

    Apr.17.2007 at 10:30 am
  26. Anang

    pernah ke solo tapi belum pernah masuk kratonnya.. hehe

    Apr.17.2007 at 1:27 pm
  27. koprilia

    woh solo…kau kesana naik apa fan?? motor? atau bus?
    hiks kapan yah isa kluyuran kesana lagi ik…sama sperti fany cmn lewat dan singgah sebentar ga menikmati solo…

    Apr.17.2007 at 1:43 pm
  28. senandunglirih

    Jalan2 terus neh… boleh dhttp://blog.faniez.net/wp-includes/images/smilies/icon_biggrin.gif
    :grin:ong oleh2nya

    Apr.17.2007 at 2:46 pm
  29. ario dipoyono

    :grin: mampir gak ke kraton solo ??? :roll:

    Apr.17.2007 at 5:38 pm
  30. huda

    solo? udah lama gak kesana.. biasanya pas lebaran doang… tp lebaran kemarin gak ke sana coz halal bihalal keluarganya di Kacangan…

    solo gitu what..

    Apr.17.2007 at 9:48 pm
  31. Uare

    kampoeng kopi banaran trus pancingan rawa permai ya…?? kok gak mampir/ngajak2 ha ha ha ha

    Apr.17.2007 at 10:27 pm
  32. aLe

    solo… kayaknya aLe pernah deh, tp lupa2 ingat.
    klo g slh prnh jg mampir kraton, pd wkt itu sebelah kanan kraton di bangun semacam hypermart, eh bener ya ada hypermart :mrgreen:

    Apr.18.2007 at 9:14 am
  33. taufik

    Lha wong Solo wae ra ngerti kok jian :mrgreen: podo :lol: . Eh kuwi ono sing jenenge Yanti kenalan dong hihihi :wink:

    Apr.18.2007 at 10:42 am
  34. bebek

    opo cuman penganan karo belonjo thok ae sing murah neng solo?? kayaknya ada satu lagu yang murahan di solo…. *ngelirik zam* :P
    peaceee… zam :D

    Apr.18.2007 at 7:30 pm
  35. tukang nggedeblues

    kusuma sari yang di foto itu kalo gak salah yang ada di daerah kauman, tepatnya di sisi barat BCA Gladag. iya to?

    tempat wisata di kanan jalan itu agrowisata kebun kopi banaran. Insya Allah benar.

    smg-solo benar, setelah dari bawen akan melewati salatiga, boyolali, terus solo …. 100.

    kalo mo belanja kain, harusnya mampir juga ke pasar klewer. itu pasar terbesar tekstil di jateng. beteng masih kurang komplet. lain kali ke klewer yak !!!!

    fashion village itu barangnya kualitas ekspor, lho. pemiliknya itu anaknya bose PT Sritex, salah satu pabrik tekstil yang hasil produksinya diekspor ke luar negeri. dengan kualitas bagus, gak nyangka kalo barang di situ memang murah.

    kesan di solo harga2 itu murah? BETUL. 100. kalo ga murah, mungkin saya nggak kerasan tinggal di solo … hehehehehehehe. i love solo, tentu setelah wonosobo.

    salam kenal. meski udah tau nama lama dari cahandong, tapi baru kali ini main ke sini … :p

    Apr.27.2007 at 5:36 pm
  36. tri

    solo?kotanya siy rapi, bagus… sayang, bad experience dgn cowok kelahiran sukoharjo asli, anak bio 97 UNS, buaya darat banget, ngaku bujangan,rajin ibadah, ga taunya udah mau nikah malah eh masih suka “jajan” sana sini. apa semua cowok asli solo kayak gitu yah? moga2 ngga de..

    May.02.2007 at 11:28 am
Trackbacks for this post
  1. FANY’s Freewriting » Kampoeng Kopi Banaran
  2. Pecel Nasi Merah Bumbu Wijen » jengjeng (dot) matriphe.com
  3. Ririn Winarni Journal » Blog Archive » Pecel Nasi Merah Bumbu Wijen (Pecel Ndeso)
Leave a Comment