Ketep Pass

December 01, 2006 / by / 47 Comments

Habis jalan2 beserta rombongan, ke Ketep Pass. Kalo Jawa Barat punya Puncak Pass, Jawa Tengah punya Ketep Pass. Sama2 dataran tinggi beriklim suejuk, dengan pemandangan yang indah :) Trus kalo di Puncak ada resto Rindu Alam-nya, di Ketep ada resto Ketep Fast Food (kl gak salah inget namanya -cmiiw). *Foto lain ada di my multiply. *

Bagi masyarakat di luar JaTeng sepertinya masih jarang mendengar apa itu Ketep Pass. Lha wong temen2 saya di Semarang aja ada yg belum tau :p Ketep Pass itu objek wisata kegunungapian di daerah Magelang, dengan ketinggian sekitar 1200m di atas permukaan laut. Di objek wisata ini, KALAU cuaca cerah, kita bisa melihat lima puncak gunung, yaitu Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet -makanya disebut ‘kegunungapian’. Sayang sekali tadi cuaca agak mendung kemudian berkabut. Tapi Merapi tetep keliatan, walau puncaknya diselimuti awan tebal!

Selain itu, terdapat juga Ketep Volcano Theatre. Di situ kita bisa melihat video (film) tentang gunung (Merapi) dan aktifitasnya. Trus ada museumnya (Volcano Centre), tapi kayaknya masih renov. Tadi pas masuk masih ada tukang2 bangunan gitu. Yang tak kalah menarik tentu saja gardu pandang dan gazebo² yg nyaman. Mungkin karena masih termasuk baru, baru akhir tahun 2002 diresmikan. Waktu itu katanya fasilitasnya jg belum selengkap ini. Saat ini jg masih ada tukang2 bangunan yg lagi bangun ini-itu.

Untuk menuju ke sana bisa melewati bbrp jalur (tp aku gak tau nama2nya :p). Yang aku lalui tadi jalan dari daerah depan terminal Muntilan, secara kami jalan dari Semarang gitu. Sepertinya jalan di Kecamatan Dukun (atau Dukuh?). Dari jalan raya dpn Muntilan itu kira2 masuknya lbh dari 10km. Lumayan jauh lah, tapi gak terasa. Meskipun jalan desa, tapi rata2 udah lumayan bagus kok jalannya. Dan lagi, view di kanan-kiri jalan jg indah :) Kalo gak sama yg laen, pasti udah turun di jalan buat poto2 dulu :P

Setelah sampai di parkiran sana, yg dilakukan setelah turun dr mobil adalah poto2 :lol: Trus yg laen udah masuk ke resto buat acara, eh aku+Vita+adekku malah asik ngiter di situ buat foto2 :lol: Termasuk anak2 bapak-ibu yg laen hihihi.. :P Lagian kita emang gak ada urusan sama acaranya ibu2-bapak2 itu, kan kita nebeng jalan2 doank :P Pokoknya bagus deh… Bisa dapet puluhan view yang cantik buat bergaya di situ.. *halah*.

Pas acara makan2, hmm.. makanan di resto-nya gak enak! Hanya ada 1 cemilan yang menurut kita enak, yaitu ketela goreng keju. Beneran deh enak :)

Setelah nanya2 sama si bapak penjaga toilet (sekalian ngantri toilet :p), katanya Ketep ini biasa buka dari jam 05.30 pagi. Atau kalo hari libur bisa lebih pagi, buat liat sunrise. Tutupnya jam 8 malem, tapi kl libur ya bisa sampe tengah malem juga. Tidak disarankan sih ke sini saat liburan panjang, soalnya rame, dan sesi foto2 tidak akan berjalan mulus :lol: Saat aku kmrn ke sini kan hari kerja, sepi. Cuma ada beberapa keluarga, dan bbrp pasang muda-mudi, lagi pacaran! Yah memang tempatnya enak kok buat pacaran.. *halah*.

Di situ juga banyak penyedia jasa peminjaman teropong. Gak tau deh berapa, aku gak minjem sih. Kata temenku sih 1000rupiah buat sekian menit (10-15 kali).

Yang jelas, kalo ke daerah Joglosemar, jgn lupa berkunjung ke Ketep. Mumpung fasilitasnya masih bagus :P Toiletnya pun bersih, beda sama tempat wisata lain yg rata2 jorok.. *yaks*. Ya itu, karena mgkn masih belum lama berdiri. Tapi semoga saja nasibnya tidak seperti objek wisata lain yang lama2 jadi mengenaskan…

Artikel terkait: Menatap ‘Putri Malu’ dari Ketep.


About the Author